Tujuh Kebiasaan Untuk Gigi Sehat

SehatFresh.com – Gigi sehat dan kuat tentunya merupakan idaman semua orang. Untuk dapat memiliki gigi yang sehat, dibutuhkan perawatan seumur hidup. Meskipun gigi dirasa sudah bagus dan tidak merasakan keluhan kesehatan yang berarti, tetaplah penting untuk mengambil langkah yang tepat setiap hari untuk merawat dan mencegah masalah pada gigi. Ini melibatkan perawatan mulut yang tepat dengan lebih menyadari kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu terjadinya kerusakan gigi.

  1. Menyikat gigi sebelum tidur

Pesan para dokter gigi adalah menyikat setidaknya dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sayangnya, masih banyak yang terus mengabaikan pentingnya menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk pada gigi sepanjang hari.

  1. Bersihkan lidah

Plak juga dapat terbentuk di lidah. Tidak hanya memicu bau mulut, ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Usai menyikat gigi, membersihkan lidah bisa dilakukan dengan menyikat lembut bagian atas lidah dengan gerakan memutar dan perlahan. Jangan terlalu dalam, cukup pada bagian depan dan tengah lidah.

  1. Jangan lupakan flossing

Banyak yang telah menyikat secara teratur, tapi mengabaikan manfaat benang gigi (flossing). Menurut Jonathan Schwartz, DDS, dari Manhattan Dental Health, flossing tidak hanya membantu mengeluarkan sisa makanan yang sulit dijangkau, tapi juga mengurangi plak dan membantu ringankan peradangan.

  1. Banyak minum

Air putih merupakan minuman terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk juga kesehatan mulut. Sebagai aturan praktis, disarankan agar minum air putih setiap selesai makan. Ini dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi.

  1. Makan buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayuran segar juga memberi kontribusi terhadap kesehatan gigi. Serat yang terdapat dalam buah dan sayuran diketahui bisa mengontrol kadar asam dalam mulut dengan menetralkannya serta memperbanyak produksi air liur dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga. Brokoli, apel dan stroberi adalah beberapa contoh makanan alami sarat nutrisi yang berpengaruh terhadap kesehatan gigi.

  1. Kurangi makanan bergula dan asam

Gula diubah menjadi asam di mulut, yang kemudian dapat mengikis enamel gigi. Asam adalah apa yang menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan asam, teh, dan kopi adalah beberapa makanan yang bila dikonsumsi berlebihan dapat merusak enamel gigi.

  1. Periksa gigi setidaknya dua kali dalam setahun

Kebersihan gigi yang baik sangat penting untuk kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain hal di atas, penting juga untuk melakukan pemeriksaan gigi secara teratur setidaknya dua kali dalam setahun. Dengan ini, dokter gigi  dapat menghilangkan karang gigi, melihat potensi gigi berlubang dan masalah gigi lainnya serta menawarkan solusi pengobatan terbaik sejak dini.

Sumber gambar : ilmu-mania.blogspot.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY