Tujuh Makanan Pereda Stres

SehatFresh.com – Padatnya pekerjaan seringkali menuntut kita untuk berkonsentrasi terus-menerus yang akhirnya menyebabkan timbulnya stres. Stres mengakibatkan kelelahan, menurunkan produktivitas bahkan memicu datangnya berbagai penyakit. Ketika merasa stres, cobalah untuk berisitrahat sejenak dan makan makanan yang dapat meredam stres Anda setelah melewati aktivitas seharian. Sejumlah pakar nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat meredakan kadar stres, khususnya bagi masyarakat dengan gaya hidup padat aktivitas seperti di perkotaan.

Berikut adalah tujuh makanan yang dipercaya dapat meredakan kadar stres :

  1. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang membantu untuk meningkatkan produksi serotonin (hormon untuk memunculkan perasaan bahagia). DHA (docosahexaenoic acid) dalam omega-3 membantu memberi nutrisi pada otak ketika memerangi hormon stres. Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dan membantu aliran darah, yang keduanya terganggu ketika tingkat stres yang tinggi. Karena salmon sangat bergizi, makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi hingga tiga kali dalam seminggu.

  1. Sayuran

Brokoli dan bayam adalah sayuran yang diyakini mampu membantu meredakan kadar stres berlebih, serta membantu menyeimbangkan peredaran darah ke otak. Kandungan asam folat, magnesium, dan fiber di dalamnya bermanfaat untuk membantu masalah pola makan dan stres.

  1. Buah-buahan
    Jeruk, jambu dan blueberry merupakan beberapa buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C  tersebut bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, menyegarkan tubuh serta mengurangi beban otak.
  2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak omega-3 serta diperkaya asam lemak omega-6 yang juga dapat mengurangi tingkat stres. Kacang kenari (walnut) kaya akan kandungan omega-3, sedangkan kacang mete dan biji bungan matahari juga mengandung triptofan yang berfungsi untuk merangsang pelepasan hormon serotonin di otak.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang membantu untuk meningkatkan produksi serotonin. Oat juga mengandung magnesium dan kalium, yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat memberi efek rileks pada tubuh.

  1. Daging sapi

Menurut Tara Geise, pakar nutrisi dari American Dietetic Association, daging sapi kaya akan kandungan zinc, besi dan vitamin B, yang semuanya dapat membantu menstabilkan suasana hati. Terkait kandungan lemaknya, sebaiknya pilihlah potongan daging tanpa lemak.

  1. Coklat hitam (dark chocolate)

Coklat memang dapat menjadi mood booster. Studi tahun 2009 dari Nestle Research Center di Swiss menemukan bahwa setelah makan coklat hitam setiap hari selama dua minggu, orang-orang yang dinilai memiliki tingkat stres tinggi ditemukan memiliki tingkat hormon kortisol dan katekolamin (hormon stres) yang rendah. Coklat hitam juga diyakini merangsang otak melepaskan endorfin yang sama halnya seperti serotonin yang meningkatkan suasana hati.

Sumber gambar : www.carasumber.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY