Tujuh Manfaat Minum Air Lemon

SehatFresh.com – Lemon merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik agar fungsi tubuh dapat optimal. Lemon memiliki tingkat kalori rendah (29 kal/100gm), rendah kolesterol dan lemak jenuh yang rendah. Seperti buah sitrus lainnya, lemon adalah sumber vitamin C terbaik yang merupakan antioksidan yang luar biasa.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa minum air lemon terutama di pagi hari bisa memberikan manfaat kesehatan. Segelas air lemon hangat ternyata dapat menjadi awal yang sehat dan energik di pagi hari. Berdasarkan sebuah studi, memulai hari dengan secangkir air hangat dengan perasan lemon menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Pencernaan memainkan peran penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Pencernaan yang buruk dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan. Air lemon hangat adalah obat rumah yang sederhana, cepat dan efektif untuk masalah pencernaan. Gangguan pencernaan umumnya terjadi karena ketidakseimbangan pH. Air lemon dapat membantu mengembalikan tingkat pH dan membantu dalam pencernaan. Jadikanlah air lemon hangat sebagai minuman pagi Anda. Konsumsi harian air lemon diyakini dapat mengobati masalah pencernaan seperti kembung, bersendawa, dan nyeri ulu hati.

  1. Menguatkan sistem imun

Sistem imun melindungi tubuh dengan cara memerangi penyakit. Sistem imun yang lemah dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi. Air lemon hangat memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus yang dapat melawan bakteri berbahaya, jamur, dan virus yang menyebabkan penyakit dan infeksi. Kandungan antioksidan dalam lemon juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Tahukah Anda, secangkir air lemon di pagi hari baik untuk kesehatan gigi dan mulut? Kenapa bisa?. Zat anti-bakteri yang terkandung dalam lemon dapat menghilangkan bakteri mulut yang menjadi penyebab bau mulut. Lemon juga dapat menenangkan sakit gigi dan penyakit mulut lainnya seperti radang gusi. Lemon juga merupakan zat pemutih alami sehingga dapat memutihkan gigi. Pastikan untuk berkumur dengan air biasa setelah asupan air lemon untuk menghindari kerusakan enamel gigi.

  1. Membuat suasanan hati menjadi tenang

Bad mood bisa merusak segalanya, benarkan?. Vitamin C dalam lemon adalah peredam stres alami. Memulai pagi dengan minum air lemon hangat dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.

  1. Diuretik alami

Lemon merupakan buah detoks terbaik. Sifat diuretik alami pada lemon dapat membantu tubuh mengeluarkan racun bersama dengan urin atau kotoran sisa pencernaan. Air lemon juga dapat mencegah infeksi saluran kemih. Lemon merupakan diuretik alami yang dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Asam sitrat pada lemon dapat membantu memaksimalkan enzim yang dihasilkan hati. Air lemon diyakini efektif dalam pencegahan dan pengobatan batu ginjal. Dalam kasus batu ginjal, Anda bisa minum air lemon 3-4 kali sehari untuk hasil yang lebih baik..

  1. Menjaga keseimbangan pH

Campuran air lemon dengan garam merupakan cara yang efektif untuk mengembalikan tingkat pH tubuh. Tingkat pH di atas 7,0 adalah basa dan di bawah 7,0 adalah asam. Lemon adalah asam, tetapi ketika masuk ke dalam tubuh, ternyata basa dan garam bersifat basa di alam. Tubuh harus lebih basa dari asam. Pemeliharaan keseimbangan pH penting karena keseimbangan pH yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah pencernaan, penyakit kulit, osteoporosis dan arthritis. Keseimbangan pH yang tepat membantu dalam penyerapan nutrisi, pencernaan dan membuang toksin.

  1. Meningkatkan penyerapan mineral

Tubuh membutuhkan mineral untuk kesehatan secara keseluruhan. Penyerapan mineral yang diperlukan untuk melakukan fungsi-fungsi penting seperti pemeliharaan keseimbangan pH dan sistem saraf yang sehat, bertindak sebagai co-faktor untuk reaksi enzim, pembentukan tulang dan gigi, stimulasi metabolisme. Minum air lemon dengan garam 2 -3 kali sehari dapat meningkatkan penyerapan mineral seperti magnesium, zat besi, dan kalium. Penyerapan mineral yang baik dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis (kekurangan kalsium), anemia (kekurangan zat besi), kelemahan otot dan irama jantung yang abnormal (kekurangan magnesium).

Sumber gambar : saltandwind.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here