Tujuh Pemicu Munculnya Flek di Wajah

SehatFresh.com – Memiliki wajah mulus, bebas dari jerawat dan tanpa flek hitam pastinya merupakan impian wanita. Namun, tidak sedikit wanita yang memiliki masalah dengan jerawat dan flek hitam pada wajah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah yang tentunya mengganggu penampilan sehingga membuat kurang percaya diri.

Flek hitam pada wajah terjadi akibat adanya produksi melanin yang berlebihan serta tidak merata pada daerah wajah yang rentan terbakar sinar matahari seperti daerah pipi bagian atas dan tangan. Melanin itu sendiri merupakan pigmen yang diproduksi oleh sel melanosit, zat protein yang berperan menentukan warna kulit seseorang. Zat ini terdapat pada lapisan epidermis kulit. Produksi melanin dipicu oleh enzim tyrosinase. Ketika kulit terpapar sinar matahari, enzym tyrosinase menjadi aktif kemudian merangsang produksi melanin dan menumpuk di sel kulit sehingga menimbulkan bintik-bintik atau flek hitam di wajah.

Meskipun lebih banyak dialami oleh orang berkulit gelap yang cenderung memiliki banyak melanin, siapa saja bisa mengalami kondisi serupa. Berikut adalah beberapa yang memicu munculnya flek hitam di wajah:

1. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari berlebihan meningkatkan aktivitas dan jumlah melanosit yang memproduksi melanin. Hal ini membuat produksi melanin menjadi berlebihan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan sinar matahari, terutama pada siang haru di saat matahari sedang terik. Anda bisa menggunakan paying atau topi ketika beraktivitas di luar ruangan. Gunakan juga sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

2. Hormone
Hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanocyte Stimulating Hormone) merupakan hormon yang bertangguang jawab terhadap timbulnya flek. Wanita hamil dan wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi lebih rentan terhadap munculnya flek hitam. Hal ini dikarenakan perubahan hormon pada diri mereka.

3. Stres dan tekanan emosional
Menurut beberapa ahli, stres juga berperan dalam memicu timbulnya flek hitam. Mengapa demikian? Ketika stress, tubuh akan melepaskan hormon Melanocyte-stimulating hormone (MSH), yang mana ketidakseimbangan hormon ini dikaitkan dengan kemunculan flek pada wajah.

4. Bekas jerawat
Bekas jerawat atau luka seringkali meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit. Bekas luka tersebut biasanya membutuhkan beberapa waktu untuk hilang sepenuhnya.

5. Gangguan kulit
Bintik atau flek hitam pada kulit biasanya akan muncul karena usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit tidak bisa mereproduksi sel-sel kulit baru seperti ketika kita masih muda.

6. Obat-obatan
Konsumsi obat yang mengandung difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin dapat menyebabkan timbulnya flek pada wajah. Obat tersebut ditimbun dilapisan dermis bagian atas dan secara kumulatif dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi..

7. Kosmetik
Penggunaan kosmetik yang mengandung wewangian, merkuri, zat pewarna atau zat kimia tertentu dapat menyebabkan fotosensitivitas yang dapat mengakibatkan timbulnya hiperpigmentasi pada wajah jika terkena sinar matahari. Maka dari itu, Anda perlu cermat dan berhati-hati dalam memilih kosmetik.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY