Tujuh Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

SehatFresh.com – Banyaknya pekerjaan yang menumpuk membuat Anda harus berlama-lama di depan layar komputer. Apalagi jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, tentunya ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Bagi kebanyakan orang yang bekerja di kantor, mereka bisa menghabiskan waktu hingga delapan jam di depan komputer. Bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama bisa berdampak buruk. Rasa pegal pada bagian tubuh, mata perih, sakit leher dan sakit punggung merupakan beberapa hal yang sering oleh orang-orang yang sering bekerja di depan layar komputer.

Kesibukan di kantor seringkali membuat orang lupa untuk memerhatikan kesehatannya diri sendiri. Agar tetap sehat dengan segudang pekerjaan di kantor, Anda dapat menerapkan beberapa tips dibawah ini :

  1. Mengatur letak dan pencahayaan monitor
    Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata dan jaraknya sekitar sepanjang lengan dari mata. Perhatikan juga pencahayaannya, sesuaikan cahaya layar, kontras serta tinggi dan lebar gambar juga ukuran huruf pada layar monitor untuk menghindari kelelahan pada mata.
  2. Penempatan keyboard
    Keyboard hendaknya diposisikan agar pergelangan tangan dapat bertumpu. Sesuaikanlah letak keyboard pada posisi yang paling baik untuk mengetik. Posisikan pergelangan tangan agar tetap lurus saat mengetik.
  3. Posisikan mouse dengan tepat
    Penggunaan mouse yang terus menerus tanpa istirahat dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di jari-jari tangan, pergelangan tangan atau lengan. Tempatkanlah mouse pada posisi yang tepat agar bisa dijangkau pergelangan tangan yang lurus.
  4. Perhatikan posisi duduk
    Banyaknya pekerjaan dan waktu yang terbatas secara seringkali membuat tubuh dalam posisi canggung. Oleh karena itu, sangat penting memerhatikan posisi duduk saat bekerja di depan komputer. Hindari duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. Duduklah di kursi yang ergonomis sehingga posisi tulang belakang tetap rileks. Perhatikan juga posisi kaki agar telapak kaki menyetuh lantai.
  5. Mengatur fokus mata
    Terlalu lama melihat pada monitor dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS). Orang yang mengalami CVS ini akan merasa sulit untuk fokus pada objek ketika mengalihkan pandangan dari komputer. Oleh karena itu, biasakanlah mengatur fokus mata dengan melakukan relaksasi mata dengan fokus melihat benda jauh setiap 30-45 menit agar mata tetap rileks.
  6. Lakukan peregangan
    Istirahatkanlah mata, tangan, kepala, bahu dan punggung dengan melakukan peregangan di sela-sela waktu bekerja setiap 30 menit hingga 1 jam sekali. Hal ini dapat membantu mengurangi ketengangan otot-otot bagian tubuh setelah bekerja.
  7. Minum air putih
    Terkadang, banyak orang mengabaikan rasa haus saat bekerja karena banyaknya pekerjaan. Anda tentunya tahu bahwa kurang minum bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, biasakanlah minum air putih setiap 30 menit sekali agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Dibanding kopi atau teh, air putih adalah pilihan yang sehat.

Sumber gambar : www.usahalaundry.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY