Turunkan Berat Badan dengan Menu Diet Tinggi Serat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berniat menurunkan berat badan? Atau, Anda sedang menjalani diet? Apakah sudah berhasil? Jika belum, cobalah menu diet dengan mengonsumsi makanan kaya akan serat.

Serat telah lama diketahui meningkatkan kesehatan pencernaan dengan baik. Tak hanya itu, makanan berserat tinggi dapat dijadikan menu untuk diet. Bagaimana bisa demikian? Serat makanan membantu proses pencernaan. Serat juga akan memberikan efek kenyang yang cukup lama sehingga tak cepat lapar.

Selain itu, diet tinggi serat cukup membantu karena kebanyakan makanan berserat tinggi itu rendah kalori. Tapi, dalam serat mengandung cukup banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi serta pembakaran lemak.

Nah, berikut adalah yang termasuk makanan tinggi serat:

  • Bayam. Bayam adalah salah satu sayuran hijau terbaik yang membantu menurunkan berat badan karena rendah karbohidrat, namun kaya serat, kalsium, vitamin, antioksidan dan mineral penting untuk tubuh.
  • Brokoli. Brokoli rendah kalori dan lemak, namun kaya serat, vitamin, dan mineral. Cara terbaik untuk mengonsumsi brokoli adalah memakannya dalam keadaan mentah, dimasak setengah matang atau bisa juga disajikan dalam bentuk salad.
  • Buncis. Buncis merupakan salah satu sayuranyang baik untuk diet karena kaya serat dan rendah lemak.
  • Mentimun. Mentimun mengandung 90% air dan kaya serat. Mentimun yang baik berwarna hijau pekat dan muda. Jangan mengupas kulitnya jika ingin memakannya karena itu adalah bagian yang kaya serat.
  • Pare. Meski rasanya pahit, namun pare memiliki kemampuan untuk membakar lemak yang membandel. Pare juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh serta mengandung kalsium dan vitamin yang dapat membantu mengurangi berat badan.
  • Kembang kol. Kembang kol rendah lemak, namun kaya akan serat, vitamin C, dan asam folat.
  • Wortel. Selain vitamin A, wortel kaya serat dan betakaroten.
  • Pisang. Tiap 100 gram buah pisang mengandung sekitar 0,6 gram serat. Selain serat, buah pisang juga mengandung kalium yang sangat baik untuk mengatasi darah tinggi.
  • Pepaya. Pepaya mempunyai kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu, enzim papain pada pepaya mampu memecah protein pada makanan menjadi senyawa asam amino yang baik untuk pencernaan.
  • Apel. Apel merupakan salah satu jenis buah yang cukup mudah dicerna tubuh. Selain itu, pektin dalam apel bermanfaat juga untuk membantu mengurangi kadar kolestesterol tubuh. Dalam satu buah apel, biasanya mengandung sekitar 4,4 gram serat. Agar manfaat yang didapat lebih maksimal, sangat disarankan untuk makan apel beserta kulitnya.
  • Pear. Pear sendiri mempunyai kandungan serat yang tidak kalah banyak dari apel. Dalam satu buah pear, terdapat serat sebesar 5,5 gram. (RA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here