Turunkan Tekanan Darah dengan Cara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, informasi ini sangat cocok untuk disimak. Saat ini tekanan darah tinggi atau hipertensi masih menjadi penyakit yang banyak di derita masyarakat Indonesia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam waktu yang relatif lama. Kenaikan tekanan darah disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat – zat lain. Umumnya tekanan darah manusia normal yaitu 90 – 120 untuk sistolik (saat jantung berkontraksi) serta 60 – 80 untuk diastolik (jantung berelaksasi). Apabila seseorang memiliki tekanan darah 140/ 90 mmHG artinya tekanan sistolik 140 dan tekanan diastolik 90 mmHg, ini merupakan gejala penyakit tekanan darah tinggi. Lalu bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara alami:

  • Olahraga Jalan kaki

Penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk melakukan olahraga jalan kaki minimal 30 menit dalam sehari. Berjalan kaki dan olahraga membantu jantung menggunakan oksigen secara efisien, sehingga tidak bekerja keras untuk memompa darah.

Selain menyegarkan tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah, olahraga jalan kaki juga dapat menjaga tubuh tetap langsing dan ideal. Berat badan yang berlebih juga mempengaruhi kinerja jantung yang harus bekerja lebih keras sehingga dapat meyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Lakukan Diet Tekanan Darah Tinggi

Pertama, lakukan diet tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi konsumsi garam (sodium/natrium). Mulailah dengan menjauhkan garam dari atas meja makan untuk menghindari menambahkan garam pada saat menyantap makanan. Selain itu, pilihlah makanan dengan kandungan sodium rendah. Makanan rendah yodium ini bisa berasal dari beberapa sayuran, seperti: bayam, kacang panjang, brokoli, dan buncis harus ada pada daftar menu harian.

  • Minum Jus seledri

Penggunaan Seledri untuk mengobati tekanan darah tinggi sesungguhnya sudah lama dipakai di dalam teknik penyembuhan tradisional China. Sebuah penelitan di National University of Singapore juga telah membuktikan bahwa kandungan yang terdapat dalam daun seledri diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena di dalam daun seledri terdapat kandungan kalium, mineral serta antioksidan cukup tinggi. Seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa 3-n-butylphthaline (3NB) yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot pada dinding arteri hingga membuat darah mengalir lebih lancar.

Siapkan seledri yang telah dicuci bersih secukupnya bersama air masak satu gelas untuk di blender. Kemudian saring hasil blenderan tadi untuk diambil sari jus seledri. Minum jus seledri satu kali dalam satu hari sesudah sarapan. Perlu diingat, sebelum Anda minum dengan teratur jus seledri ini, sebaiknya mengetahui tensi darah anda terlebih dahulu. Kemudian setelah meminum jus seledri secara tertatur selama 5-7 hari, silahkan cek tensi darah anda lagi dan hentikan bila tekanan darah telah kembali normal.

  • Makan Bawang Putih

Mengkonsumsi bahan alami bawang putih untuk turunkan darah tinggi bukan tanpa alasan, dikarenakan senyawa alisin yang terkandung pada bawang putih berguna untuk melebarkan  pembuluh darah serta menghindarkan dari pembekuan darah, sehingga membantu untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, bawang putih juga mampu menghancurkan lemak serta turunkan kandungan kolesterol jahat pada tubuh.

Cara mengkonsumsi bawang untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

Ambil 3 siung bawang putih yang masih fresh atau segar dan telah dikupas serta dicuci bersih, tumbuk hingga halus lalu peras dengan menambahkan air secukupnya, kemudian minumlah air tersebut. Lakukan cara ini cukup 3 kali dalam 1 hari. Langkah yang lebih mudah, yaitu dengan cara memakan langsung siung bawang putih 3 biji yang telah dikupas dan dicuci bersih, dimakan bersamaan dengan nasi. manfaat paling baik dari bawang putih yaitu ada pada bawang lanang (laki), yakni bawang putih yang bersiung tunggal, tetapi bawang lanang ini langka, umumnya ada di antara bawang putih yang lain.

Apabila setelah lebih dari satu pekan melakukan langkah-langkah di atas tidak menurunkan tekanan darah tinggi Anda, kemungkinan ada penyebab lain yang perlu diatasi terlebih dulu, konsultasikan pada dokter spesialis untuk menangani darah tinggi anda. (ATR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here