Ubi Ungu Makanan Sehat untuk MPASI

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan pendamping asi atau yang akrab disebut MPASI adalah makanan yang diberikan kepada bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas, pada usia ini bayi tidak hanya cukup dengan nutrisinya yang terkandung dalam asi ibunya saja, ia juga membutuhkan makanan lain untuk menunjang tumbuh kembangnya dan membuat tubuhnya menjadi tidak mudah terserang penyakit.

Pada masa bayi, mereka sering kali menderita gangguan pada pencernaannya, ini karena pencernaan milik bayi masih belum berfungsi secra sempurna sehingga sel imun yang dihasilkan melalui saluran pencernaan masih belum menghasilkan sel imun yang baik sehingga bayi rentan terkena penyakit pencernaan, gangguan pencernaan pada bayi tetap terjadi meskipun pada bayi sebesar 70% sel imun telah dapat dihaslkan pada saluran pencernaan.

Makan makanan yang sehat sangat diperlukan bagi bayi, karena sistem pencernaannnya yang masih belum berfungsi secara optimal maka sebaiknya  bayi diberikan makanan-amakanan yang mempunyai gizi baik yang dapat mudah tercerna pada saluran pencernaan, salah satunya adalah ubi ungu. Ubi ungu adalah sejenis umbi-umbian yang mempunyai bannyak sekali manfaat, seperti sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh bayi. Membantu menyerap racun dlam tubuh, dan juga bisa menghambat terjadinya penggumpalan darah. Makanan tinggi serat ini mengandung zat yang sangat baik bagi tubuh bayi, yaitu:

  • Betakroten. ¬†Kandungan betakaroten pada ubi ungu sebanyak 9990 mkg, ia juah diatas ubi jenis lain yang hanya mengandung sekiar 260-2900 mkg. Sifat antioksidan dri betakaroten akan melindungi sel dari kerusakan. Betakaroten juga akrab dikenal sebagai provitamin A yang membuat penglihatan semakin baik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Antosianin.¬†Zat antosianin yang terkandung dalam ubi ungu pun cukup tinggi kadarnya 110,51 mg, ia juga jauh unggul dibandingkan dengan ubi lain yang hanya sektar 0,006-4,56 mg. Kandungan ini berfungsi bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas, racun dan menjadi anti bakteri patogen.
  • Selenium dan iodin. Kedua kandungan ini bermanfaat sebagai zat yang menghalangi kanker atau anti kanker untuk tubuh.

Ubi ungu yang ingin dijadikan mpasi, sebaiknya mencampurkan ubi ungu yang sudah direbus sampai benar-benar empuk, dengan susu . susu yang digunakan juga bisa asi itu sendiri ataupun susu formula lainnya. Penambahan susu dimaksudkan agar bayi tidak hanya mendapatkan nutrisi karbohidrat saja melainkan juga mendapatkan protein yang cukup. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY