Ukuran Payudara Tak Sama

SehatFresh.com – Payudara merupakan salah satu harta paling berharga bagi seorang wanita. Payudara juga menjadi harta terpenting karena mampu memberi dan mencukupi gizi bagi kehidupan baru, yakni anak bayi yang baru lahir. Sedih bukan main jika terjadi hal buruk pada payudara, seperti kanker payudara. Banyak wanita mempertanyakan ukuran payudara yang berbeda antara payudara sebelah kiri dan payudara sebelah kanan. Mengapa bisa berbeda?

Ternyata, survei di Inggris mengatakan bahwa  99% wanita memang memiliki ukuran payudara yang berbeda antara payudara kiri dan kanan. Pada dasarnya, memang alami seperti itu, bahwa hampir tidak ada wanita dengan payudara yang sama. Namun, hanya sedikit dari mereka yang perbedaannya terlihat dengan jelas. Beberapa orang ini bahkan bisa terlihat perbedaan payudaranya, meski telah berpakaian lengkap. Bahkan, karena ukurannya cukup berbeda, ada yang memakai cup bra pada sisi satu lebih besar dibanding sisi satunya. Selama perbedaan ukuran payudara ini tidak terlalu signifikan, hal ini tidak perlu di khawatirkan.

Kebanyakan wanita memiliki payudara sebelah kiri dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini dikarenakan payudara sebelah kiri kita terletak dekat dengan jantung. Di mana terdapat lebih banyak urat nadi, lemak, dan pembuluh darah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ukuran payudara berbeda seperti genetik, kehamilan, olahraga, komposisi lemak, kebiasaan merokok, dan menopouse. Payudara juga mayoritas tersusun oleh jaringan lemak. Tak heran jika ukuran payudara dapat terpengaruh ketika berat badan meningkat. Ada juga faktor lain, yakni faktor hormonal. Faktor yang satu ini bahkan bisa membuat ukuran payudara berubah dari ukuran yang semula sama menjadi berbeda.

Anda bukanlah satu-satunya wanita yang memiliki payudara yang ukurannya berbeda, jadi tidak usah malu, apalagi minder. Selama tidak memengaruhi kesehatan dan aktifitas Anda, Anda tidak tidak perlu khawatir.

Olahraga yang bersifat aerobik dan melatih otot dada, yang dilakukan secara rutin, dianggap bisa mengencangkan otot dada meskipun tidak memengaruhi ukurannya. Sebenarnya tidak ada solusi unutk mengatasi perbedaan ukuran payudara ini, karena memang alaminya seperti itu. Hal yang bisa dilakukan bagi beberapa orang yang memiliki perbedaan yang cukup besar ialah dengan memebeli bra yang satu atau dua nomor lebih besar, kita dapat mengisi bantalan pada sisi satunya, yaitu yang lebih kecil untuk mengamuflase perbedan tersebut. Untuk menggurangi rasa khawatir, bisa pula memeriksakannya ke dokter kandungan atau bidan. Lebih baik lagi jika memeriksakan kesehatan payudara kita secara rutin dengan tenggat waktu satu bulan sekali.

Sumber gambar : magicevebra.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY