Ukuran Penis yang Normal Bagi Pria Dewasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penis merupakan alat reproduksi bagian luar pria. Aset para pria yang membuatnya merasa bangga sekaligus cemas. Rasa cemas ini timbul lewat pertanyaan, apakah penis yang Anda miliki tersebut sudah dalam ukuran normal atau tidak? Apakah penis Anda sama besar dengan teman seumuran atau lebih kecil?

Pria yang merasa memiliki penis dengan ukuran kecil akan lebih tidak percaya diri, apalagi ketika akan melakukan kegiatan seksual. Banyak yang percaya, ukuran penis dapat memengaruhi kepuasan pasangan saat bercinta. Lalu benarkah demikian? Berapa sebenarnya ukuran penis normal bagi pria dewasa?

Sebenarnya sulit menentukan standar ukuran penis normal pada pria dewasa. Ukuran penis pada setiap pria berbeda, tergantung faktor gen yang dimiliki. Dan, ukuran penis pria tidak bisa menjadi penentu kejantanan seorang pria serta kepuasan pasangan saat melakukan hubungan seksual.

Dalam Journal of Urology, ukuran rata-rata penis pria di seluruh dunia saat sedang tidak mengalami ereksi adalah sekitar 8,8-10 cm, dan ukuran rata-rata saat sedang ereksi menjadi sekitar 13-14,2 cm. sedangkan ukuran penis rata-rata pria dewasa di Indonesia saat ereksi berkisar 10,5 – 12,8 cm. Ukuran penis rata-rata di Indonesia cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan Negara Asia Tenggara yang lain.

Penis bisa dikatakan kecil atau dalam bahasa medis disebut microphallus atau mikropenis, adalah ketika ukuran penis saat sedang tidak ereksi kurang 2,5 cm pada standar bawah ukuran rata-rata penis pria dewasa. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghitung panjang penis Anda, diantaranya :

  1. Mengukur penis Anda ketika sedang ereksi
  2. Mengukur penis anda ketika sedang layu.

Mengukur dengan cara ini, bisa Anda lakukan dengan merentangkan penis Anda secara perlahan. Kemudian ukur mulai dari pangkal penis sampai ujung kepala penis.

Hasil dengan 2 cara ini kemungkinan akan berbeda beberapa millimeter. Pengukuran saat sedang ereksi biasanya akan menunjukan hasil yang lebih panjang. Walaupun begitu, cara ke-2 yang paling banyak digunakan. Alat ukur yang disarankan berupa penggaris elastis atau meteran tali.

Jika setelah mengukur Anda mendapatkan angka diatas atau dibawah 1,5 cm dari 12 cm, maka ukuran penis Anda dikatakan normal. Jika ukurannya dibawah itu, maka kemungkinan Anda mengalami mikropenis. Mikropenis atau penis dengan ukuran kecil bisa disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Maka, bagi para penderitanya, terapi hormon dapat membantu mengembalikan penis ke ukuran yang normal.

Pada saat terapi hormon tidak direspon oleh tubuh, operasi pembesar penis dengan menanam implan silikon subkutan pada jaringan bawah kulit bisa menjadi solusi. Ukuran penis tidak bisa diubah dengan meminum suplemen yang dijual di pasaran. Justru beberapa suplemen pembesar penis memilki kandungan yang  tidak aman untuk dikonsumsi.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here