Upacara Pengukuhan dua Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran

SehatFresh.com – #DokterTalk Rektor Universitas Indonesia (UI)  Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. memimpin Upacara Pengukuhan dua Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran (FKUI) atas nama Prof. Dr. dr. Lucky Aziza Bawazier, SpPD-KGH yang merupakan Guru Besar dengan kepakaran penyakit ginjal dan hipertensi dan Prof. Dr.rer.physiol. dr. Septelia Inawati Wanandi yang merupakan Guru Besar dengan kepakaran bidang biokimia dan biologi molekuler. Berkenaan dengan kegiatan tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dan meliput pada :

hari, tanggal : Sabtu, 21 September 2019

waktu : 10.00 – 12.00

tempat : Aula IMERI FKUI Kampus Salemba

Prof. dr. Lucky menyampaikan pidato pengukuhan bertajuk “Tantangan Deteksi Dini Hipertensi dan Penyakit Ginjal Kronis saat ini di Indonesia.” Hipertensi secara medis diartikan sebagai tekanan darah atas (sistolik) ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah bawah (diastolik) ≥90 mmHg.. Penelitian terbaru akhir-akhir ini menetapkan batas seseorang dikatakan mengidap hipertensi menjadi lebih ketat yaitu tekanan darah atas ≥130 dan/atau tekanan darah bawah ≥80 mmHg. Alasan ditetapkannya ambang tekanan darah tinggi menjadi lebih rendah karena sangat banyak komplikasi yang disebabkan hipertensi seperti stroke, sesak nafas karena serangan jantung maupun gagal jantung, dan gagal ginjal.

Lebih lanjut, Prof. dr. Septelia menyampaikan pidato pengukuhan bertajuk “Terobosan Kesiapterapan Ilmu Biokimia dan Biologi Molekuler di Indonesia pada Era Globalisasi: Menyibak Tabir Sel Punca Kanker untuk Target Deteksi dan Terapi Kanker” Hingga saat ini kanker masih merupakan masalah kesehatan yang tertinggi dan belum terselesaikan di dunia. Walaupun telah dikembangkan berbagai jenis terapi kanker, namun resistensi terapi dan kekambuhan penyakit masih sangat tinggi. Hal ini antara lain karena terapi kanker belum menargetkan pada suatu populasi sel yang dikenal sebagai Sel Punca Kanker (SPK).

Gagasan lebih lengkap serta terobosan keilmuan yang telah dilakukan kedua Guru Besar UI tersebut akan dipaparkan dalam pidato pengukuhan mereka. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kehadirannya meliput, kami ucapkan terimakasih.

Kepala Humas dan KIP UI : Dr. Rifelly Dewi Astuti, SE, MM


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here