Upaya Pencegahan Penularan Hiv/Aids

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit HIV/AIDS merupakan suatu jenis penyakit yang banyak ditakuti manusia karena dianggap sebagai penyakit yang sangat mengancam jiwa seseorang. HIV atau Human Immuno Devesiensi adalah virus yang hidup dalam tubuh manusia yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS atau Acguired Immuno-Deviensi Syndrome yaitu suatu kumpulan gejala dimana sistem kekebalan tubuh menurun terhadap serangan penyakit dari luar.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Afrika SANTHE menyatakan bahwa penyakih HIV?AIDS berkaitan dengan sistem imunitas dimana seseorang akan mengalami respons imun yang kuat terhadap sel-sel yang disebut limfosit T sitotoksik atau sel T CD8. Pada saat sistem imuns atau kekebalan tubuh seseorang sudah melemah maka seseorang yang mengalami HIV/AIDS akan sangat mudah tertulah penyakit.

HIV/AIDS merupakan jenis penyakit menular dimana ada beberapa cara penularan seperti seks bebas, penggunaan jarum suntik, dll. Agar dapat terhindar dari penyakit HIV/AIDS anda dapat melakukan beberapa upaya pencegahannya, antara lain sebagai berikut:

  1. Hindari seks bebas

Kehidupan seks yang bebas merupakan suatu perbuatan yang dianggap melanggar norma agama dan moral. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan beberapa masalah salah satunya dari segi kesehatan dimana seseorang yang senang dengan kehidupan seks bebas dapat beresiko terkena penyakit HIV/AIDS. Untuk mencegah hal tersebut anda harus setia terhadap pasangan dan tidak berganti-ganti pasangan. Bagi anda yang memiliki pasangan sudah terdiagnosa memiliki penyakit HIV?AIDS sangat diharuskan sekali untuk menggunakan kondom ekstra pada saat melakukan hubungan seks.

  1. Hindari jarum suntik bergantian

Dalam dunia medis pada zaman dulu penggunaan 1 jarum suntik dapat digunakan beberapa kali dan berganti, akan tetapi pada saat ini 1 jarum suntik hanya dapat digunakan sekali pakai. Hal ini dilakukan untuk pencegahan penyakit menular salah satunya penyakit HIV/AIDS.

  1. Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang

Penggunaan obat-obatan terlarang dan alkohol dapat merusak kesehatan fisik dan psikologi seseorang untuk melakukan tindakan yang buruk. Contohnya jika seseorang menggunakan narkoba yang digunakan melalui suntikan. Hal ini akan beresiko tinggi untuk terpapar penyakit HIV/AIDS.

  1. Vaksin

Tingginya angka kejadian HIV/AIDS menciptakan sebuah vaksin untuk pencegahan penyakit tersebut. Selain melakukan penyuntikan vaksin HIV/AIDS sebaiknya anda melakukan skrining awal dengan melakukan pemeriksaan IVA atau pap smear untuk kaum wanita.

  1. Hindari kontak langsung dengan cairan orang lain

Penyakit HIV/AIDS dapat ditularkan melalui cairan orang lain seperti darah. Selain darah cairan lain yang perlu anda hindari untuk kontak secara langsung contohnya air ketuban, sperma, cairan vagina, ASI, mukus rektum dll.

  1. Melakukan perawaat medis jika hamil

Seorang wanita hamil yang mengidap penyakit HIV/AIDS dapat menularkan penyakit tersebut kepada bayi yang dikandungnya. Sehingga untuk mencegah penularannya anda dapat berkonsul dengan dokter untuk melakukan perawatan secara medis. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here