Upaya Pencegahan Penyakit Infeksi Trikomoniasis pada Alat Kelamin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Trikomoniasis merupakan satu jenis infeksi yang disebabkan oleh Trichomonas. Penyakit infeksi ini terjadi pada alat kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual. Jika suatu saat Anda telah sembuh dari penyakit ini, bukan berarti di kemudian hari Anda akan begitu saja bebas dan tidak tertular kembali.

Walaupun infeksi tersebut tidak fatal namun akan menyebabkan akibat yang lebih berbahaya seperti infeksi jaringan kulit vagina dan ketidaksuburan. Pada wanita hamil, trikomoniasis bisa mengakibatkan bayi lahir dengan kondisi prematur, berat badan bayi kurang dan infeksi pada bayi. Penderita infeksi ini juga lebih rentan terhadap HIV yaitu virus yang menyebabkan AIDS.

Saat buang air kecil, pada seorang wanita dengan infeksi trikomoniasis mungkin saja akan timbul keputihan yang tidak normal dengan aroma yang tidak menyenangkan. Selain itu penderita juga akan merasakan nyeri saat buang air kecil dan gatal pada vagina. Gejala lain yang ditunjukkan oleh penderita infeksi ini adalah bengkak pada vagina dan merasa nyeri saat berhubungan seksual. Jika Anda mengalami sesuatu yang tidak wajar berdasarkan informasi di atas, ada baiknya segera mengonsultasikan pada dokter.

Infeksi trikomoniasis dapat menyerang siapa saja, namun pada wanita, jumlah yang terinfeksi lebih besar dibanding dengan pria. Pada umumnya infeksi tersebut dialami oleh wanita dengan rentang usia 16 hingga 35 tahun.

Sebagaimana setiap penyakit lain yang bisa dilakukan pencegahan, ada juga cara bagaimana untuk mencegah infeksi trikomoniasis tersebut. Berikut ini adalah beberapa upaya pencegahan menularnya infeksi trikomoniasis:

  1. Kita sudah mengetahui bahwa infeksi ini menular melalui hubungan seksual, maka dalam hubungan seksual dapat digunakan kondom untuk mencegah infeksi tersebut.
  2. Anda juga tidak disarankan untuk berganti- ganti pasangan demi mencegah tertular infeksi tersebut.
  3. Tidak menggunakan handuk secara bersama- sama.
  4. Tidak melakukan hubungan seksual kasual.

Berikut di atas adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah trikomoniasis. Namun jika ada seseorang yang telah tertular infeksi tersebut, akan dilakukan pengobatan oleh dokter yaitu diberikan antibiotik metronidazole selama 7 hari. Obat ini diberikan untuk membunuh parasit yang menyebabkan infeksi trikomoniasis. Anda dapat menemukan obat ini dalam bentuk kapsul, pil atau tablet. 24 jam selama mengonsumsi metronidazole, tidak diperbolehkan minum alkohol karena dapat menyebabkan mual dan muntah. Apabila salah satu pasangan mengalami infeksi tersebut maka sebaiknya dilakukan juga pengobatan pada pasangannya. Saat seseorang mengetahui bahwa dirinya mengalami infeksi tersebut maka harus dihindari hubungan seksual hingga dinyatakan sembuh.

Kadang dalam upaya untuk mencegah komplikasi akan dilakukan perawatan tambahan seperti imunoterapi, terapi fisik dan lain sebagainya. Namun jangan melakukan pengobatan tersebut sendiri sebelum mengonsultasikannya pada dokter.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY