Usia Berapa Sebaiknya Bayi Boleh Menggunakan Bantal?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak dianjurkan menggunakan bantal. Karena Bayi yang baru keluar dari kandungan ibu akan merasa nyaman tidur jika posisinya sendiri seperti di posisi yang datar.

Bantal merupakan salah satu fasilitas tidur yang penting. Orang yang terbiasa tidur memakai bantal akan merasa sakit dan kaku lehernya jika tidak menggunakannya. Tapi berbeda halnya pada anak-anak, penggunaan bantal saat tidur tergantung dari usia dan tempat dimana mereka tertidur.

Banyak orang tua yang sudah menyiapkan bantal untuk bayinya yang baru lahir. Bentuk bantal untuk bayi pun berbeda dengan bentuk bantal biasanya, ada yang berbentuk U dan ada juga yang bagian tengah bantalnya lebih datar dan membentuk lingkaran. Banyak orang tua berpendapat hal ini dilakukan untuk membantu pembentukan kepala bayi agar bundar sempurna. Sebenarnya bayi yang baru lair tidak membutuhkan bantak karena dapat mengakibatkan resiko yang akan dialami bayi tersebut.

Penggunaan bantal pada bayi, terutama yang berusia di bawah satu tahun, akan meningkatkan risiko bayi terkena sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak yang terjadi pada bayi. National Institute of Child Health and Human Development (NICHHD) merekomendasikan untuk tidak memberikan bantal pada bayi di bawah usia satu tahun.

Bayi dan orang dewasa itu berbeda. Orang dewasa mungkin tidak nyaman jika tidur tidak memakai bantal. Sedangkan bagi bayi, bantal dapat membahayakan nyawanya. Bantal dapat menutupi mulut dan hidung bayi saat tidur sehingga menyebabkan bayi susah bernapas. Jika bayi tidur tanpa pengawasan orang tua dan bantal tersebut lama menutupi mukanya, bisa saja bayi tersebut mengalami SIDS. Rata-rata, ada 32 kematian bayi per tahun karena bantal yang digunakan sebagai alas tidur atau untuk menopang kepala bayi. Sebagian besar kematian ini melibatkan bayi yang berusia tiga bulan atau kurang.

Untuk mengurangi risiko SIDS dan kejadian fatal saat tidur, sebaiknya:

  1. Tidurkan bayi dengan posisi telentang agar pernapasan bayi tidak terganggu
  2. Jangan tutupi kepala dan wajah bayi saat tidur
  3. Jauhi bayi dari asap rokok
  4. Sediakan lingkungan yang nyaman saat bayi tidur pada siang maupun malam hari
  5. Tidurkan bayi pada tempat tidurnya yang nyaman dengan ruangan yang sama dengan ibu selama 6-12 bulan pertamanya
  6. Berikan ASI pada bayi

Dan kapan sebaiknya bayi di perbolehkan tidur dengan menggunakan bantal ?

Anda bisa memberikan bantal kepada bayi Anda saat usianya menginjak usia 2 tahun. Pada usia ini, bayi sudah dirasa mampu untuk membuat gerakan-gerakan sehingga jika ada bantal yang menutupi mukanya maka ia sudah bisa menyingkirkannya. Walaupun berbagai macam bantal, mulai dari bentuk, warna, gambar, tersedia untuk bayi Anda, tetapi pilihlah bantal yang kecil dan datar sehingga dapat menopang lehernya dengan baik.

Apa yang harus diperhatikan agar bayi tidur dengan nyaman dan aman?

Orangtua biasanya sudah menyiapkan boks bayi untuk bayi tidur dan mengisinya dengan bantal, selimut, dan mainan bayi. Namun, bantal, selimut, dan mainan justru mengganggu tidur bayi dan dapat memberi dampak negatif pada bayi, seperti dapat menutupi mulut dan hidung bayi sehingga pernapasan bayi terganggu. Lebih baik singkirkan dulu benda benda tersebut agar tidak menggangu bayi yang sedang tertidur dan tidak menutupi wajah bayi sehingga bayi tidur lebih nyaman.

Selain itu juga, yang  harus diperhatikan adalah temperatur ruangan. Jangan biarkan bayi kedinginan atau kepanasan. Jika cuaca sedang dingin, sebaiknya pilih untuk membedong bayi dari pada memberinya selimut untuk memberinya kehangatan. Dikhawatirkan selimut akan menutupi wajah bayi sehingga mengganggu pernapasan bayi saat tidur. Hati-hati juga saat membedong bayi, beri sedikit kelonggaran agar bayi masih dapat bebas bergerak dan tidak sulit bernapas.

Biasakan untuk selalu menempatkan bayi di tempat tidurnya saat bayi tidur. Hal ini dilakukan untuk memberi kenyamanan pada bayi dan juga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti bayi terjatuh saat tidur. Usahakan juga untuk memasang kelambu pada tempat tidur bayi agar mencegahnya dari gigitan nyamuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here