Usir Batuk Malam Hari dengan Teh Herbal dan Madu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di Indonesia kini sudah mulai memasuki musim hujan. Anda perlu berhati-hati saat musim hujan karena banyak penyakit yang akan menyerang. Penyakit yang sering menyerang saat musim hujan salah satunya adalah batuk. Batuk yang dialami bisa jadi karena memang berawal dari batuk atau karena flu dan kemudian disertai batuk.

Batuk dikenal sebagai respon alami dari tubuh yaitu sebagai bentuk sistem pertahanan saluran perapasan jika mendapat gangguan dari luar. Respon tersebut memiliki fungsi untuk membersihkan lendir atau penyebab iritasi agar keluar dari paru-paru.

Meski dianggap alami, batuk seringkali membuat anda geram atau tidak nyaman sebab dapat menganggu aktivitas anda baik di pagi hari atau malam hari. Batuk di pagi atau siang hari mungkin tidak sangat menganggu dibandingkan waktu malam. Waktu malam batik akan semakin intens dan akhirnya waktu tidur andapun terganngu dan istirahat tidak terpenuhi secara maksimal.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa batuk menjadi semakin buruk di malam hari. Alasannya yaitu adanya daya tarik bumi saat tubuh terbaring terlentang akan membuat reflux gastroesophageal menanjak naik karena adanya kubangan lendir yang tercipta dengan posisi berbaring dan memicu timbulnya batuk. Kedua, saat malam hari lingkungan di dalam ruangan anda bisa jadi dalam keadaan kering sehingga meningkatkan iritasi pada hidung dan juga tenggorokan yang memicu timbulnya respon batuk.

Terakhir, alasan batuk lebih intens di malam hari adalah karena proses penyembuhan sebenarnya sedang terjadi. Yang mana batuk yang anda alami sedang membantu untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan.

Untuk mengusir batuk yang menyebalkan saat malam hari, ada beberapa cara alami yang dapat anda lakukan yaitu:

  1. Minum teh herbal

Minum teh herbal di malam hari saat batuk cukup ampuh mengusir batuk yang anda rasakan. Anda cukup meminum teh herbal sebelum tidur. Teh herbal ini tidak mengandung kafein sehingga membantu tubuh anda menjadi hangat sekaligus membersikan gumpalan lendir pada tenggorokan yang menyebabkan batuk muncul di malam hari.

  1. Konsumsi madu

Cara alami yang kedua adalah mengusir batuk di malam hari dengan madu. Madu berfungsi untuk melapisi dan menenangkan membran lendir pada tenggorokan dan juga mampu melawan bakteri penyebab batuk. Untuk mengusir batuk di malam hari konsumsilah satu sendok makan madu asli 1 sampai 3 kali dalam sehari dan tentunya sebelum anda tidur. Pada anak-anak cukup gunakan sebanyak 1 sendok teh madu 1- 3 kali sehari. Jika ingin variasi lain, anda bisa melarutkan madu dalam secangkir air hangat atau panas. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here