Usir Mendengkur saat Tidur

www.sehatfresh.com

SehstFresh.com – Mendengkur atau ngorok bisa dialami oleh siapa saja. Jika saat tidur Anda mendengkur, mungkin tidak mengganggu tidur Anda. Tapi, bagaimana dengan orang di sekitar Anda? Selain dapat mengganggu kenyamanan, mendengkur juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, jangan khawatir, mendengkur bisa diatasi kok!

Gangguan tidur yang dalam istilah kedokteran disebut sleep apnoea ini terjadi akibat penyempitan saluran pernapasan. Organ-organ di sekitar saluran pernapasan yang menyempit kemudian bergetar sehingga menghasilkan suara, baik lembut atau keras.

Pakar gangguan tidur dari Rumah Sakit St. George Sidney Australia Dr. Peter Cistulli mengatakan, penyempitan saluran pernapasan mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh terhambat. Pada tingkat tertentu bisa membuat pernapasan terhenti (obstructive sleep apnoea). Kondisi ini bisa terjadi berulang kali dengan durasi sekitar 10 hingga 60 detik.

“Dalam semalam, orang yang mendengkur bisa berhenti bernapas sesaat sebanyak 300 kali,” kata Cistulli.

Kadar oksigen dalam darah yang menurun saat tidur bisa membuat Anda kelelahan dan sakit kepala esok harinya. Gangguan tidur ini juga erat kaitannya dengan sejumlah penyakit kronis, misalnya tekanan darah tinggi dan jantung.

Jadi, ada baiknya jika kebiasaan mendengkur ini segera diatasi demi alasan kesehatan sendiri dan kenyamanan orang-orang di sekitar Anda saat tidur. Bila Anda suka mendengkur, sejumlah tips berikut bisa Anda coba untuk mengusir kebiasaan mendengkur saat tidur:

  • Kurangi berat badan

Timbunan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan jalan napas tidak terbuka dengan benar.

  • Tidur miring

Tidur terlentang dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan. Alhasil, terjadi getaran suara saat tidur. Solusinya adalah memiringkan tubuh Anda saat tidur sehingga membuat aliran udara lebih lancar di sekitar saluran pernapasan.

  • Posisikan kepala lebih tinggi

Selain memiringkan tubuh, posisi kepala lebih tinggi daripada badan membuat pernapasan menjadi lebih lancar dan mencegah terjadinya dengkuran.

  • Jauhi minuman beralkohol

Minuman keras dapat melemahkan sistem saraf di bagian rahang dan tenggorokan. Hal ini dapat memicu suara dengkuran.

  • Jangan merokok

Rokok mengandung racun yang memicu gangguan sistem pernapasan. Sistem pernapasan yang terganggu turut mendorong timbulnya suara dengkuran.

  • Hindari mengonsumsi obat tidur

Memang, obat tidur bisa membuat Anda terlelap dengan cepat. Tapi, obat tidur bisa membuat otot-otot leher menjadi rileks sehingga membuat Anda mendengkur.

  • Minum air secukupnya

Saat dehidrasi, mulut dan hidung menjadi lengket akibat sekresi (pengeluaran kelenjar) yang dapat memperparah timbulnya dengkuran. Maka, cukupi kebutuhan air minum Anda. Idealnya, minumlah air 11 gelas sehari bagi wanita. Sementara itu, untuk pria dianjurkan meminum setidaknya 16 gelas per harinya.

  • Rutin bersihan kamar tidur

Alergen (penyebab alergi) yang terdapat di dalam kamar tidur dapat menjadi pemicu kebiasaan mendengkur Anda. Nah, salah satu alergen ini adalah debu. Jadi, bersihkan kamar tidur Anda secara rutin agar mencegah debu melekat.

  • Bersihkan hidung dengan air garam

Bila rongga hidung tersumbat akibat flu atau hal lainnya, maka aliran udara yang masuk bisa berubah menjadi dengkuran. Untuk mengatasinya, bersihkan hidung dengan air garam untuk membuka saluran rongga hidung sehingga bisa melancarkan peredaran udara.

  • Tidur yang cukup

Pola tidur yang buruk bisa memicu Anda untuk mendengkur. Hal ini, misalnya, terjadi saat Anda bekerja hingga larut malam. Saat Anda merasa lelah yang luar biasa, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda tidur mendengkur.

  • Tindakan medis

Mendengkur juga bisa disebabkan oleh adanya kelainan pada organ atau jaringan tubuh. Amandel yang cukup besar, contohnya, bisa menyumbat jalur pernapasan. Bila ini penyebabnya, maka operasi atau menggunakan alat yang dilekatkan antara hidung dan mulut bisa menjadi jalan keluarnya.(SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY