Varises Ligamen Bundar yang Mengiringi Kehamilan

SehatFresh.com – Wanita hamil kadang-kadang mengembangkan pembengkakan pembuluh darah (varises) pada panggul yang melintasi pangkal paha dan membungkus ligamen yang mengelilingi rahim. Varises ini biasanya muncul pada trimester kedua, jarang menyebabkan nyeri, tidak memerlukan operasi dan biasanya hilang setelah wanita melahirkan.

Ligamen adalah bagian dari jaringan ikat yang menghubungkan dua tulang atau tulang rawan, menahan sendi bersama-sama atau mendukung organ, menjaganya agar tetap di tempatnya. Fungsi ligamen yang mengelilingi rahim berfungsi mengamankan organ reproduksi hingga pangkal paha dan mempertahankannya tetap stabil selama kehamilan.

Menurut artikel yang diterbitkan Maret 2009, dalam jurnal “RadioGraphics”, peningkatan volume darah adalah salah satu penyebab munculnya varises termasuk varises pada ligamen bundar pada kehamilan. MayoClinic.com menjelaskan bahwa meski pada umumnya lebih banyak darah yang mengalir pada tubuh ibu hamil, jumlah yang beredar dari kaki ke panggul mengalami penurunan. Hal ini merupakan perubahan yang dibuat tubuh untuk mendukung janin. Penurunan aliran darah sering menyebabkan varises. Rahim berkembang secara bertahap dan memblokir pembuluh darah sehingga bisa memperburuk kondisi ini, pada gilirannya menyebabkan timbulnya varises ligamen bundar.

Pada tahun 2009, jurnal “Acta Dermatovenerol Croatica” telah menerbitkan hasil penelitan mengenai adanya keterkaitann varises dan progesteron. Dalam penelitian tersebut, lima puluh wanita hamil dengan varises dibandingkan dengan 25 wanita hamil tanpa varises. 75 wanita yang dilibatkan tengah mengandung dengan usia kehamilan 14 minggu. Para peneliti menemukan bahwa konsentrasi progesteron jauh lebih tinggi dalam aliran darah wanita dengan varises daripada orang-orang dengan pembuluh darah normal. Dalam “RadioGraphics” juga disebutkan bahwa progesteron menyebabkan pelemasan otot, faktor yang berkontribusi terhadap varises ligamen.

Varises ligamen bundar pada kehamilan seringkali sulit dibedakan dengan inguinalis, hernia dan kista. Dokter mendapatkan diagnosis yang akurat melalui USG. Dalam gambar USG, pembuluh darah yang bengkak muncul sebagai area yang menggembung daerah dalam kanalis inguinalis. Kondisi ini tidak membahayakan dan menghilang secara alami setelah lahir. Jika kondisi varises ini menyebabkan nyeri, dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit yang aman untuk digunakan selama kehamilan.

Sumber gambar : kesehatanbadan.soup.io

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY