Varises pada Ibu Hamil

SehatFresh.com – Varises merupakan gangguan yang terjadi akibat pembuluh darah vena dipenuhi darah dengan jumlah lebih dari biasanya. Pada kehamilan, jumlah cairan tubuh bertambah, akibatnya volume pembuluh darah menjadi tidak cukup. Dalam pembuluh darah, arteri sangat elastic, namun tidak demikian dengan pembuluh darah balik (vena), oleh karena itu pembuluh darah balik cadangan akan digunakan dan tampak sebagai varises.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab varises, yaitu faktor keturunan, meningkatnya usia, dan sikap tubuh yang kurang baik (berdiri terlalu lama, kaki terlipat, duduk terlalu lama, dan sebagainya). Namun, varises dapat dicegah dengan beberapa cara yang cukup mudah. Misalnya dengan berjalan-jalanlah ketika memungkinkan dan lakukan gerakan memutar pergelangan kaki sementara Anda duduk atau berdiri. Bahkan, hanya dengan duduk dan bergiyang-goyang di kursi roda sekali pun dapat membantu merileksasi otot-otot tungkai yang menggerakan darah dari kaki ke jantung. Ada cara lain untuk mencegah varises, yaitu:

  • Tidur menghadap ke arah kiri

Posisi tidur meghadap ke arah kiri dapat mecegah varises, karena vena cava berlokasi pada bagian kanan tubuh, tidur ke arah kiri merupakan cara terbaik agar darah dapat kembali ke arah kanan tubuh. Tindakan ini efektif meminimalkan munculnya varises saat hamil.

  • Mencegah varises dengan berolahraga ringan

Olahraga merupakan cara terbaik untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Para ahli pun mengatakan, olahraga aman 30 menit atau lebih dilakukan saat hamil.

  • Posisikan kaki lebih tinggi agar terhindar dari varises saat hamil

Memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung setiap tiga jam akan memperbaiki sirkulasi. Saat berdiri, pastikan Anda tidak bertumpu di satu kaki, jangan silangkan kaki saat duduk.

  • Jaga kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan varises. Maka pastikan kenaikan berat badan Anda sesuai dengan angka yang disarankan berdasar indeks massa tubuh sebelum hamil.

  • Hindari konstipasi

Konstipasi dapat meningkatkan risiko varises, maka hindarilah hal itu dengan banyak minum air putih, kurangi garam, dan cukup makan makanan kaya serat.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY