Varises Pada Vulva (vagina)

SehatFresh.com – Varises adalah salah satu pembekakan pembuluh vena yang terjadi karena meningkatnya aliran darah, sehingga pembuluh vena tidak kuat untuk menahan tekanan, maka terjadilah pembengkakan. Varises bisa dialami oleh berbagai organ tubuh, salah satunya adalah varises pada vulva/vagina.

Varises vulva adalah salah satu masalah wanita yang sebenarnya jarang dibahas karena kasusnya juga tidak terlalu banyak. Vulva adalah bagian luar dari alat kelamin wanita. Varises vulva lebih sering terjadi pada wanita yang sedang mengalami kehamilan. Risiko terjadinya varises pada vulva meningkat ketika kehamilan terjadi karena peningkatan volume darah dan penurunan kecepatan laju darah anda pada tubuh bagian bawah anda. Tentunya, hal ini memberikan tekanan pada pembuluh darah anda, menjadikannya bengkak dan menonjol. Biasanya, dokter akan mendeteksi masalah ini dan memberitahukannya pada anda. Tapi, jika dokter tidak memberitahukannya, anda mungkin bisa mendeteksinya dengan beberapa gejala.

Gejala

Gejala yang timbul bisa berupa perasaan penuh pada daerah vulva, pembengkakan, tekanan dan rasa tidak nyaman. Untuk beberapa kasus yang berat, varises vulva bisa menyebabkan tonjolan yang lebih mirip cacing. Risiko peningkatan keparahan varises bisa disebabkan oleh olahraga, berdiri terlalu lama ataupun hubungan intim.

Mungkin jika anda memiliki varises pada tungkai kaki, anda bisa menggunakan kaus kaki khusus yang diperuntukan untuk membantu mengatasi varises. Namun, jika hal ini terjadi pada bagian vulva, tidak terdapat kaus kaki yang bisa anda gunakan. Bagi varises vulva ada pembalut khusus yang bisa membantu masalah ini. Untuk hal ini, sebaiknya anda langsung menanyakannya pada dokter kandungan anda.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk meringankan varises vulva anda :

  • Sering duduk

Jika anda dituntut untuk berdiri dalam jangka waktu yang agak lama, sebaiknya sering-seringlah beristirahat untuk duduk.

  • Tinggikan pinggul ketika anda berbaring

Meninggikan pinggul lebih dari badan anda ketika berbaring membantu surkulasi darah pada bagian vulva sedikit lebih longgar dan lancar. Anda bisa menggunakan bantal ataupun yang lainnya untuk mengganjal pinggul anda.

  • Pakaian khusus

Anda bisa bertanya pada dokter ataupun praktisi lainnya tentang pakaian atau produk pembalut yang bisa digunakan untuk meredakan varises di vulva anda.

  • Berenang

Berenang akan membantu meringankan bayi anda dan membuatnya tidak terlalu menekan vulva. Selain itu, air juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dari panggul anda. Untuk keamanan berenang ketika hamil, sebaiknya anda meminta persetujuan dan saran dari dokter kandungan anda terlebih dahulu.

  • Kompres dingin

Ketidaknyamanan dan perasaan bengkak bisa diredakan dengan mengompreskan kain lembut dingin pada bagian vulva anda.

Hal ini mungkin akan memberikan perasaan tidak nyaman dan sedikit mempengaruhi kepercayaan diri anda. Tentunya, jika varises ini terjadi di kaki, anda tidak akan percaya diri jika harus bercelana pendek yang memperlihatkan bagian betis anda. Jika varises terjadi pada vulva, tentunya selain mengganggu kenyamanan, kepercayaan diri anda juga berkurang di hadapan pasangan ketika akan bercinta.

Sumber gambar : www.program-hamil.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY