VARISES TESTIS

DEFINISI

Varikosel adalah pembesaran pembuluh darah dengan longgarnya kulit yang memegang testis (skrotum) Anda. Varikosel serupa dengan vena varises yang dapat terjadi di kaki Anda. Varikolel adalah penyebab umum dari produksi sperma rendah dan penurunan kualitas sperma, yang dapat menyebabkan infertilitas. Namun, tidak semua varikolel mempengaruhi produksi sperma. Varikolel juga dapat menyebabkan testis gagal untuk berkembang secara normal atau menyusut.

Kebanyakan varikolel berkembang dari waktu ke waktu. Untungnya, sebagian varikolel mudah untuk didiagnosa dan banyak tidak memerlukan pengobatan. Jika varikosel menyebabkan gejala, sering dapat diperbaiki pembedahan.

GEJALA

Varikosel seringkali tidak menghasilkan tanda-tanda atau gejala. Jarang terjadi, dapat menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit mungkin :

  • Bervariasi dari tajam ke ketidaknyamanan membosankan
  • Meningkat dengan pengerahan tenaga berdiri atau fisik, terutama jangka panjang
  • Memburuk selama sehari
  • Merasa lega ketika Anda berbaring di punggung Anda

Seiring dengan waktu, varikolel dapat memperbesar dan menjadi lebih terlihat. Pada laki-laki muda, kehadiran varikosel mengganggu produksi sperma dan sering dapat diperbaiki dengan pengobatan.

Kapan Anda harus menemui dokter

Karena varikosel biasanya tidak menyebabkan gejala, seringkal tidak memerlukan perawatan. Varikolel mungkin ditemukan selama evaluasi kesuburan atau tes fisik secara rutin.

Namun, jika Anda mengalami rasa sakit atau bengkak di skrotum Anda, perhatikan massa pada skrotum Anda, perhatikan jika ukuran buah pelir Anda berbeda, atau mengembangkan varikosel di remaja Anda, atau Anda memiliki masalah dengan kesuburan, hubungi dokter Anda. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan suatu massa skrotum atau testis sakit, beberapa di antaranya memerlukan pengobatan langsung.

PENYEBAB

Tali spermatic membawa darah ke dan dari buah pelir Anda. Hal ini tidak diketahui pasti apa penyebab varikolel. Namun, banyak ahli percaya varikosel terbentuk ketika katup di dalam pembuluh darah vena pada tali mencegah darah mengalir dengan baik. Cadangan dihasilkan menyebabkan vena memperluas (melebarkan). Ini kemudian dapat menyebabkan kerusakan ke testis dan hasil meganggu kesuburan.

Varikolel sering terbentuk selama masa pubertas. Varikolel biasanya terjadi di sisi kiri, kemungkinan besar karena posisi vena testis yang kiri. Namun, varikosel dalam satu testis dapat mempengaruhi produksi sperma di kedua testis.

FAKTOR RESIKO

Tidak muncul untuk menjadi faktor risiko apapun yang signifikan untuk mengembangkan varikosel. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan mungkin mengurangi risiko Anda sementara yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko.

KOMPLIKASI

Varikosel dapat menyebabkan

  • Penyusutan testis terkena (atrofi). Sebagian besar testis terdiri dari tubulus yang memproduksi sperma. Ketika rusak, sebagai bagian dari varikosel, testis menyusut dan melunak. Hal ini tidak jelas apa yang menyebabkan testis menyusut, tetapi katup rusak memungkinkan darah dalam vena, yang dapat mengakibatkan peningkatan tekanan di pembuluh darah dan terkena racun dalam darah yang dapat menyebabkan kerusakan testis.
  • Varikolel dapat menyimpan suhu lokal dalam atau di sekitar testis yang terlalu tinggi, mempengaruhi pembentukan sperma, gerakan (motilitas) dan fungsi.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Anda mungkin memulai dengan melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk mengatur janji temu, Anda dapat dirujuk segera ke seorang ahli Urologi.

Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap dan mengetahui aoa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Tuliskan informasi pribadi Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan hidup.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin dan suplemen yang Anda pakai.
  • Pertimbangkan membawa salah seorang anggota keluarga Anda saat berkonsultasi karena mereka dapat membantu menyampaikan keluhan dan mendengarkan infomasi penting dari dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Untuk varikosel, beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan meliputi :

  • Apa yang mungkin menyebabkan gejala saya?
  • Adakah penyebab lainya?
  • Jenis tes apa yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi saya mungkin sementara atau lebih permanen?
  • Akankah kondisi ini mempengaruhi kesuburan saya?
  • Perawatan apa tersedia? Mana yang Anda rekomendasikan?
  • Apakah alternatif pendekatan utama yang Anda sarankan?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainya, bagaimana cara Saya menanganinya secara bersamaan?
  • Adakah pembatasan aktivitas seksual yang perlu Saya ikuti?
  • Adakah brosur atau bahan cetak lainya serta website yang dapat Saya pedomani?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda siapkan, jangan ragu mengajukan pertanyaan lainya.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter Anda mungkin untuk menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk :

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala Anda secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Adakah sesuatu yang membantu mengurangi gejala Anda?
  • Adakah sesuatu yang memperburuk gejala Anda?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara

Mengambil pereda nyeri over-the-counter dan memakai atletis pendukung untuk mengurangi tekanan.

TES DAN DIAGNOSIS

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, yang dapat mengungkapkan massa yang tidak lunak di atas Anda testis yang terasa seperti kulit cacing. Jika itu cukup besar, dokter Anda akan dapat merasakannya. Jika Anda memiliki varikosel yang lebih kecil, dokter Anda mungkin meminta Anda untuk berdiri, ambil napas dalam-dalam dan menahannya sementara Anda melakukan manuver Valsava. Ini membantu dokter Anda mendeteksi pembesaran pembuluh vena yang abnormal.

Jika tes fisik meyakinkan, dokter Anda dapat memesan USG perut skrotum. Tes ini, menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar struktur di dalam tubuh Anda, dapat digunakan untuk memastikan tidak ada alasan lain untuk gejala-gejala Anda. Dalam kasus tertentu, selanjutnya pencitraan mungkin direkomendasikan untuk menyingkirkan penyebab lain untuk varikosel, seperti tumor yang mengompresi vena spermatic.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Pengobatan Varikosel mungkin tidak diperlukan. Namun, jika varikosel menyebabkan rasa sakit, atrofi testis atau infertilitas atau jika Anda mempertimbangkan bantuan teknik reproduksi, Anda mungkin ingin menjalani perbaikan varikosel.

Tujuan pembedahan adalah untuk menutup vena yang terkena untuk mengalihkan aliran darah ke pembuluh darah normal. Dalam kasus Infertilitas, pengobatan varikosel dapat meningkatkan atau mengobati infertilitas atau meningkatkan kualitas sperma jika teknik seperti secara in vitro fertilization (IVF) akan digunakan.

Varikolel biasanya berkembang di masa remaja dan mungkin mengakibatkan produksi sperma memburuk. Meskipun penurunan kualitas sperma secara keseluruhan, banyak orang dengan varikolel terus memiliki kualitas sperma yang cukup untuk mencapai kehamilan kemudian dalam hidup.

Indikasi jelas untuk memperbaiki varikosel pada masa remaja termasuk progresif atrofi testis, sakit atau hasil analisis air mani yang normal. Meskipun pengobatan varikosel umumnya meningkatkan karakteristik sperma, namun tidak jelas jika varikosel tidak diobati yang mengarah ke progresif memburuknya kualitas sperma dari waktu ke waktu.

Perbaikan Varikosel menyajikan risiko relatif sedikit, yang mungkin mencakup :

  • Penumpukan cairan yang mengelilingi testis (hydrocele)
  • Terulangnya varikolel
  • Atrofi testis
  • Infeksi
  • Kerusakan arteri

Metode Perbaikan meliputi :

  • Bedah terbuka. Perawatan ini biasanya dilakukan secara rawat jalan, selama bius lokal atau umum. Biasanya, dokter bedah Anda akan mendekati vena melalui pangkal paha (inguinalis atau subinguinal), tetapi juga dimungkinkan untuk membuat sayatan di perut atau di bawah pangkal paha. Kemajuan dalam perbaikan varikosel telah menyebabkan penurunan komplikasi pasca bedah. Satu muka yang menggunakan mikroskop operasi, yang memungkinkan ahli bedah untuk melihat daerah perawatan yang lebih baik selama operasi. Cara lain adalah penggunaan USG Doppler, yang membantu panduan prosedur. Anda dapat kembali ke kegiatan normal, nonstrenuous setelah dua hari. Selama Anda nyaman, Anda dapat kembali ke aktivitas yang lebih berat, seperti berolahraga, setelah dua minggu. Rasa sakit dari operasi ini biasanya ringan tetapi dapat terus selama beberapa hari atau beberapa minggu. Dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit untuk jangka waktu terbatas setelah operasi. Setelah itu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengambil over-the-counter (OTC) obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB) untuk meringankan ketidaknyamanan. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk tidak melakukan hubungan seks untuk jangka waktu tertentu. Paling sering, itu akan memakan waktu beberapa bulan setelah operasi sebelum peningkatan kualitas sperma dapat dilihat dengan analisa sperma. Hal ini karena dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan bagi sperma baru untuk berembang. Bedah terbuka menggunakan mikroskop dan pendekatan subinguinal yang memiliki tingkat keberhasilan tertinggi jika dibandingkan dengan metode bedah lain.
  • Bedah Laparoskopi. Ahli bedah membuat sayatan kecil di perut Anda dan melewatkan instrumen kecil melalui sayatan untuk melihat dan perbaikan varikosel. Prosedur ini memerlukan anestesi umum.
  • Percutaneous embolisasi. Prosedur ini dilakukan selama anestesi lokal secara rawat jalan. SpRad(k) dengan menyisipkan sebuah tabung ke vena di selangkangan atau leher melalui bagian dimana instrumen dapat dilewatkan. Melihat vena Anda diperbesar pada monitor, dokter mengeluarkan kumparan atau solusi yang menyebabkan jaringan parut untuk menciptakan penyumbatan di vena testis, yang menyela aliran darah dan perbaikan varikosel. Prosedur ini tidak secara luas digunakan sebagai operasi.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH

Jika Anda memiliki varikosel yang menyebabkan ketidaknyamanan kecil, tetapi tidak mempengaruhi kesuburan Anda, Anda dapat mencoba hal berikut untuk menghilangkan rasa sakit :

  • Mengambil obat penghilang rasa sakit over-the-counter, seperti acetaminophen (Tylenol,) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB).

Memakai atletis pendukung untuk mengurangi tekanan.