Virus Dan Bakteri yang Terdapat pada Kosmetik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbicara mengenai kosmetik tentunya sangat identik sekali dengan wanita, karena pada hakikatnya wanita selalu ingin tampil cantik dan mempesona di depan lawan jenis. Sehingga tidak heran jika wanita selalu merias dan mempercantik dirinya dengan menggunakan produk kosmeti. Bahkan di jaman saat ini ada beberapa yang menyatakan “the power of make up”, karena dengan menggunakan make up penampilan seseorang bisa jauh sangat berbeda dari wujud aslinya. Tapi tahukan anda jenis virus dan bakteri yang terdapat di dalam kosmetik?

Jenis Virus yang Terdapat pada Kosmetik

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dermatologi Dr.Janellen Smith mengatakan bahwa kosmetik juga dapat menularkan jenis virus herpes. Menurut beliau virus herpes ada dua jenis yaitu vrus HSV1 dan HSV2. Virus HSV1 pada umumnya ditemukan di ronngga mulut dan tidak bisa bertahan lama di luar tubuh. Hampir 90% kebanyakan orang telah terpapar virus HSV1 akan tetapi jika sudah tertular kemungkinan tidak akan tertular lagi. Biasanya orang terpapar jenis virus ini tidak menunjukan sebuah gejala.

Jenis Bakteri yang Terdapat pada Kosmetik

  1. Staphylococcus epidermis

Jenis bakteri staphylococcus epidermis ditemukan pada plastik, eyeshadow dan eyeliner. Jenis bakteri tersebut pada umumnya terdapat pada kulit manusia, sehingga penularannya mungkin disebabkan karena pemakaian manusia itu sediri. Bahaya dari bakteri jenis ini memang sangat kecil akan tetapi tetap bersifat menginfeksi tubuh. Bakteri ini pada umumnya menyerang sistem kekebalan tubuh dan kebal terhadap antibiotik sehingga dapat mengakibatkan beberapa sakit dan infeksi tertentu apabila tidak segera ditangani.

  1. Staphylococcus warneri

Jenis bakteri ini telah ditemukan pada kulit hewan dan manusia. Bakteri jenis ini berbeda dengan bakteri staphylococcus epidermis karena jenis bakteri staphylococcus warneri tidak menyerang sistem kekebalan tubuh, akan tetapi bakteri ini dapat menjadi penyebab penyakit lain yang dapat menyerang jantung.

  1. Pseudomonas aeruginosa

Bakteri jenis ini ditemukan pada tanah, air, dan kulit. Pseudomonas merupakan jenis bakteri penyebab terjadinya radang, kemerahan dan infeksi serius pada kulit. Beberapa kasus yang pernah di temukan bakteri jenis ini bahkan bisa menjadi penyebab penyakit gagal ginjal.

  1. Methicillin-resistant staphylococcus aureus

Bakteri jenis ini disingkat dan disebut dengan istilah bakteri MRSA. Jenis bakteri tersebut salah satu bakteri yang sangat berbahaya yang pada umumnya ditemukan dari kosmetik yang sudah kadaluarsa. MRSA dapat mengakibatkan beberapa infeksi kulit, mata merah, demartitis, serta mempengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap antibiotik.

Seorang wanita yang bernama Jo Gilchrist berusia 27 tahun di Australia pada tahun 2015 dia terserang infeksi MRSA. Bakteri tersebut menular melalui kuas make up temannya yang memiliki infeksi staphylococcus di wajah. Awalnya beliau merasakan sakit biasa di punggung tapi berjalannya waktu rasa sakit itu semakin terasa sakit dan kemudian kakinya mulai mati rasa dan hingga akhirnya dirinya mengalami kelumpuhan. Selain itu Gilchrist juga memiliki gangguan pada usus dan kandung kemihnya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here