VIRUS NIL BARAT

DEFINISI

Infeksi West Nile disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk. Kebanyakan orang yang terinfeksi dengan virus West Nile tidak mengalami tanda-tanda atau gejala, atau mungkin mengalami hanya gejala kecil, seperti demam dan sakit kepala ringan. Namun, beberapa orang yang terinfeksi dengan virus West Nile mengembangkan penyakit yang mengancam jiwa yang mencakup peradangan dijaringan otak.

Tanda dan gejala ringan infeksi virus West Nile umumnya pergi dengan sendirinya. Tapi tanda dan gejala parah, seperti sakit kepala parah, demam, disorientasi atau kelemahan secara tiba-tiba membutuhkan perhatian segera.

Paparan nyamuk dimana ada virus West Nile meningkatkan risiko Anda mendapatkan infeksi virus West Nile. Melindungi diri dari nyamuk dengan menggunakan lotion nyamuk dan mengenakan pakaian yang menutupi kulit Anda untuk mengurangi risiko.

GEJALA

Kebanyakan tidak memiliki tanda-tanda atau gejala

Kebanyakan orang yang terinfeksi dengan virus West Nile tidak memiliki tanda-tanda atau gejala.

Gejala dan tanda-tanda infeksi ringan

Sekitar 20 persen dari orang-orang mengembangkan infeksi ringan yang disebut West Nile demam. Tanda-tanda dan gejala umum demam West Nile meliputi :

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri tubuh
  • Kelelahan
  • Nyeri punggung
  • Ruam kulit (kadang-kadang)
  • Kelenjar getah bening (kadang-kadang)
  • Sakit mata (kadang-kadang)

Gejala dan tanda-tanda infeksi serius

Dalam waktu kurang dari 1 persen dari orang-orang yang terinfeksi, virus menyebabkan infeksi neurologis yang serius. Infeksi seperti itu mungkin termasuk radang otak (encephalitis) dan membran sekitarnya (meningoencephalitis). Infeksi serius mungkin juga termasuk infeksi dan peradangan selaput sekitar otak dan sumsum tulang belakang (meningitis), peradangan sumsum tulang (West Nile polio) dan kelumpuhan lembek akut yaitu kelemahan tiba-tiba di lengan, kaki atau otot-otot pernapasan. Tanda dan gejala penyakit ini termasuk:

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala parah
  • Kaku leher
  • Disorientasi atau kebingungan
  • Pingsan atau koma
  • Getaran atau masturbasi otot
  • Kurangnya koordinasi
  • Kejang
  • Sakit
  • Kelumpuhan parsial atau kelemahan otot yang tiba-tiba

Tanda dan gejala demam West Nile biasanya berlangsung beberapa hari, tapi tanda-tanda dan gejala ensefalitis atau meningitis bisa berlama-lama selama berminggu-minggu, dan efek tertentu neurologis, seperti kelemahan otot, mungkin permanen.

Kapan Anda harus menemui dokter

Gejala-gejala ringan West Nile demam biasanya hilang dengan sendirinya. Jika Anda mengalami tanda-tanda atau gejala infeksi serius, seperti sakit kepala parah, leher kaku, disorientasi, atau kebingungan, segera mencari perhatian medis. Infeksi virus West Nile serius umumnya memerlukan rawat inap.

PENYEBAB

Infeksi yang ditularkan oleh nyamuk

Biasanya, virus West Nile menyebar ke manusia dan hewan melalui terinfeksi nyamuk. Nyamuk menjadi terinfeksi ketika mereka makan di unggas yang terinfeksi. Anda tidak bisa terinfeksi dengan menyentuh atau mencium orang dengan virus.

Sebagian besar infeksi virus West Nile terjadi selama cuaca hangat, ketika populasi nyamuk aktif. Periode inkubasi, periode antara ketika Anda sedang digigit oleh nyamuk yang terinfeksi dan munculnya tanda-tanda dan gejala penyakit berkisar dari tiga sampai 14 hari.Virus West Nile ada di bagian Afrika, Bagian dari Asia dan Timur Tengah. Pertama muncul di Amerika Serikat pada musim panas 1999 dan sejak kemudian telah ditemukan di Semua 48 negara bagian yang bersebelahan.

Rute lain transmisi yang mungkin

Dalam beberapa kasus, virus West Nile mungkin telah menyebar melalui rute lain, termasuk transplantasi organ dan transfusi darah. Namun, donor darah yang disaring untuk virus, secara substansial mengurangi resiko infeksi dari transfusi darah.

Juga telah ada laporan kemungkinan penularan virus dari ibu ke anak selama kehamilan atau menyusui, tetapi ini telah jarang dan tidak meyakinkan dikonfirmasi.

FAKTOR RESIKO

Risiko keseluruhan Anda mendapatkan virus West Nile tergantung pada faktor-faktor ini :

  • Sepanjang tahun. Sebagian besar kasus di Amerika Serikat telah terjadi antara bulan Juli dan September.
  • Wilayah geografis. Virus West Nile telah dilaporkan di sebagian besar Amerika Serikat, tetapi Midwestern dan negara-negara Selatan baru memiliki tingkat insiden tertinggi.
  • Waktu yang dihabiskan di luar. Jika Anda bekerja atau menghabiskan waktu di luar rumah, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk digigit oleh nyamuk yang terinfeksi.

Risiko infeksi serius

Bahkan jika Anda terinfeksi, risiko mengembangkan penyakit terkait virus West Nile serius sangat kecil yaitu kurang dari 1 persen dari orang yang terinfeksi menjadi sakit parah. Dan kebanyakan orang yang menjadi sakit sembuh. Anda lebih mungkin untuk mengembangkan infeksi yang parah atau fatal berdasarkan:

  • Orang dewasa yang lebih tua dari usia 50 berada pada risiko tinggi infeksi.
  • Mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, seperti setelah menerima pemindahan organ badan dengan obat anti-penolakan, beresiko lebih besar infeksi.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Jika Anda mengalami tanda dan gejala infeksi virus West Nile parah seperti demam, sakit kepala parah, leher kaku, disorientasi, atau kelemahan otot seccaratiba-tiba, segera hubungi dokter Anda atau pergi ke pusat perawatan mendesak. Jika Anda sakit parah, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit.

Apa yang dapat Anda lakukan

Membuat daftar ntuk mengambil dengan Anda yang meliputi :

  • Deskripsi rinci gejala Anda
  • Catatan kegiatan terbaru atau perjalanan ke daerah dimana virus West Nile biasanya berada
  • Informasi tentang masalah medis Anda sebelumnya
  • Informasi tentang masalah-masalah medis orang tua atau saudara kandung Anda
  • Pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan kepada dokter

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Selain mendengarkan keterangan gejala Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan memperhitungkan apakah itu musim nyamuk dan apakah ia telah melihat kasus infeksi virus West Nile Dokter Anda dapat mengambil sampel darah untuk dianalisis untuk antibodi virus West Nile. Jika perlu, dokter Anda mungkin mengirim Anda ke rumah sakit untuk terapi suportif.

TES DAN DIAGNOSIS

Dokter dapat mengkonfirmasi kehadiran virus West Nile atau penyakit yang berhubungan dengan Nil Barat, seperti meningitis atau ensefalitis, dengan melakukan salah satu pengujian berikut :

  • Tes laboratorium. Jika Anda terinfeksi, tes darah mungkin menunjukkan tingkat kenaikan antibodi terhadap virus West Nile. Antibodi adalah protein sistem kekebalan tubuh yang menyerang zat-zat Asing, seperti virus. Tes positif Asam ribonukleat (RNA) untuk virus West Nile juga merupakan indikator bahwa Anda memiliki virus.
  • Pungsi lumbal (spinal tap). Cara yang paling umum untuk mendiagnosa meningitis adalah analisa cairan cerebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum. Jarum disisipkan antara vertebra bawah tulang belakang Anda yang digunakan untuk mengekstrak sampel dari cairan untuk analisis laboratorium. Sampel cairan mungkin menunjukkan jumlah sel putih yang ditinggikan, sinyal bahwa sistem kekebalan tubuh Anda melawan infeksi dan antibodi terhadap virus West Nile.
  • Tes otak. Dalam beberapa kasus, electroencephalography (EEG) yaitu sebuah prosedur tes aktivitas otak Anda atau MRI scan dapat membantu mendeteksi inflamasi otak.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Terapi suportif

Kebanyakan orang pulih dari virus West Nile tanpa pengobatan. Obat penghilang gejala nyeri otc dapat membantu meringankan sakit kepala ringan dan nyeri otot. Gunakan secara hati-hati ketika memberikan aspirin untuk anak-anak atau remaja. Meskipun aspirin telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak yang lebih tua dari usia 2, anak-anak dan remaja yang sembuh dari cacar air atau gejala seperti flu, jangan pernah mengambil aspirin. Hal ini karena aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye, kondisi yang jarang tetapi berpotensi mengancam kehidupan, pada anak-anak tersebut.

Tidak ada obatnya langsung untuk ensefalitis atau meningitis, tetapi Anda mungkin membutuhkan terapi suportif di rumah sakit dengan cairan infus dan obat-obatan untuk mencegah infeksi jenis lain.

Terapi Interferon

Para ilmuwan sedang menyelidiki terapi interferon , type terapi sel kekebalan  sebagai pengobatan untuk radang otak yang disebabkan oleh virus West Nile. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menerima interferon mungkin pulih lebih baik daripada mereka yang tidak menerima obat, namun studi lebih lanjut diperlukan.

PENCEGAHAN

Taruhan terbaik untuk mencegah virus West Nile dan penyakit lain nyamuk adalah untuk menghindari paparan nyamuk dan menghilangkan tempat nyamuk berkembang biak. Untuk membantu mengendalikan West Nile virus, perhatikan hal berikut :

  • Menghilangkan air di halaman Anda. Nyamuk berkembang biak di kolam air berdiri.
  • Membuka Talang atap.
  • Kosongkan Kolam Renang tidak terpakai.
  • Mengubah air di tempat mandi unggas peliharaan Anda setidaknya setiap minggu.
  • Mengangkat Ban lama atau wadah apapun ynga tidak terpakai yang dapat menahan air dan berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi nyamuk.

Untuk mengurangi ekspos terhadap nyamuk :

  • Menghindari aktivitas tidak perlu saat nyamuk paling banyak, seperti di saat fajar dan sore hari.
  • Mengenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang ketika Anda pergi ke daerah-daerah penuh nyamuk.
  • Menerapkan lotion nyamuk yang mengandung penolak serangga yang terdaftar di Environmental Protection Agency untuk kulit dan pakaian. Memilih konsentrasi berdasarkan jam perlindungan yang Anda butuhkan, semakin tinggi persentase (konsentrasi) bahan aktif, semakin lama penolak bekerja. Ikuti petunjuk pada paket, membayar perhatian khusus untuk rekomendasi untuk digunakan pada anak-anak.
  • Ketika di luar, menutupi kereta dorong bayi Anda atau boks dengan kelambu.

Vaksin tersedia untuk melindungi kuda dari virus West Nile. Vaksin tidak tersedia untuk manusia, tetapi bekerja untuk mengembangkan vaksin manusia.