Vitamin D Untuk Kehamilan

SehatFresh.com – Kecukupan asupan vitamin D selama kehamilan perlu menjadi perhatian penting. Penelitian terbaru mengklaim bahwa konsumsi makanan kaya vitamin D dapat membantu ibu hamil meminimalkan risiko tertentu untuk bayi mereka. Menurut penelitian ini, anak-anak dari ibu yang mengonsumsi cukup vitamin D selama kehamilan berisiko lebih rendah mengembangkan jenis alergi tertentu.

Vitamin D berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, para ilmuwan sudah lama mencari peran potensial vitamin ini untuk mencegah asma dan alergi. Tim ilmuwan dari Mount Sinai School of Medicine telah mengamati 1.248 ibu dan anak mereka di Amerika Serikat. Peserta studi tersebut ditindaklanjuti sejak trimester pertama kehamilan sampai anak-anak mencapai usia tujuh tahun. Penelitian ini menilai secara komprehensif kadar vitamin D di beberapa titik kehidupan seperti selama kehamilan, saat lahir dan pada usia sekolah.

Para ilmuwan menyusun hasil penelitian dengan menggunakan kuesioner asupan makanan dan menguji kadar serum 25-hydroxyvitamin D pada ibu dan anak-anak mereka sampai usia sekolah. Studi ini dipublikasikan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memperoleh asupan makanan yang kaya vitamin D selama kehamilan lebih kecil kemungkinannya memiliki anak menderita alergi pada usia sekolah. Penurunan risikonya sebesar 20 persen.

Para ibu yang menjadi peserta penelitian minum delapan ons (236,5 ml) porsi susu setiap hari atau mengonsumsi sumber asupan vitamin D lainnya dengan jumlah setara. Namun, penelitian tersebut menggarisbawahi bahwa konsumsi suplemen vitamin D tidak menunjukkan manfaat yang sama terhadap pencegahan alergi. Vitamin D dikenal juga sebagai vitamin matahari, karena manusia mampu menyerapnya jika mereka terkena sinar matahari. Namun, vitamin ini juga terdapat dalam sejumlah makanan, seperti produk susu, jamur, dan sereal.

Jadi, bila ibu hamil bertanya-tanya makanan sehat apa yang harus dikonsumsi selama kehamilam, penelitian ini telah menjawab salah satunya. Studi ini dapat menjadi panduan rekomendasi gizi untuk ibu hamil, sehingga mereka menyertakan makanan kaya vitamin D dalam pola makan harian mereka.

Bagaimanapun, alangkah lebih baik bila ibu hamil berkonsultasi dengan dokter tentang makanan sehat apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Diet dan gaya hidup sebelum kehamilan dan selama kehamilan memainkan peran yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Sumber gambar : www.info-kes.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY