Vitamin Dan Mineral Dalam Ikan

Ikan perlu diperhitungkan sebagai sumber zat gizi yang penting. Ikan merupakan bagian yang sehat dari diet seimbang dan bergizi. Ikan menyediakan sumber protein hewani, memberi nutrisi pada tubuh untuk untuk mempertahankan dan memperbaiki jaringan tubuh. Hasil penelitian menunjukkan, ikan mengandung protein yang berkualitas tinggi. Lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa dicerna oleh tubuh. Asam lemak omega-3 dalam ikan berperan dalam mengatur kolesterol darah dan mendukung fungsi otak yang tepat. Selain itu, ikan mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang juga sangat penting untuk kesehatan.

Vitamin D
Ikan salmon dan tuna merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Meskipun sel-sel di dalam kulit dapat mensintesis vitamin D setelah terpapar sinar matahari, orang dengan paparan sinar matahari terbatas karena faktor gaya hidup, atau mereka yang hidup di iklim lintang tinggi, memerlukan vitamin D dari sumber makanan. Di dalam tubuh, vitamin D berperan dalam pemeliharaan kesehatan tulang dengan mengatur kalsium, yang merupakan komponen kunci mineralisasi jaringan dalam tubuh.

Vitamin A
Beberapa jenis ikan juga mengandung vitamin A atau retinol. Vitamin yang larut dalam lemak ini biasanya ditemukan terlarut pada minyak di dalam daging ikan dan suplemen minyak ikan. Mengonsumsi cukup vitamin A terbukti penting untuk menjaga kesehatan beberapa jaringan, karena kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kering bersisik, kebutaan dan immunodeficiency. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat membantu mencegah kekurangan ini serta mendukung kesehatan yang baik.

Kalsium
Ikan mengandung kalsium, mineral yang paling berlimpah dalam tubuh. Sebagian besar kalsium dalam tubuh ditemukan sebagai mineral keras yang menyediakan kekuatan untuk gigi dan tulang (hidroksiapatit). Fungsi kalsium lainnya adalah untuk membantu tubuh dalam isyarat selular, yang digunakan untuk mendukung fungsi sel yang tepat serta membantu konduksi impuls saraf elektrokimia. Ikan salmon dan ikan bertulang seperti mackerel memiliki kandungan kalsium yang cukup signifikan. Kalsium juga ditemukan dalam sejumlah kerang, termasuk kepiting, lobster dan udang.

Magnesium
Magnesium merupakan jenis lain dari mineral penting yang ditemukan dalam ikan. Magnesium dalam tubuh bekerja bersama-sama dengan kalsium untuk membentuk mineral yang membentuk tulang. Selain itu, magnesium juga berfungsi untuk menjaga fungsi otot, menjaga kesehatan jantung dan mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Ikan yang kaya akan magnesium meliputi cod, salmon, halibut dan mackerel. Menambahkan makanan tersebut dalam diet terbukti member dapat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda.

*pic blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY