Vitamin dan Mineral yang Paling Dibutuhkan Oleh Tubuh Selama Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kondisi khusus pada beberapa orang mengharuskan untuk mengonsumsi mineral dan vitamin tambahan selama menjalankan ibadah puasa. Karena vitamin dan mineral saat puasa dibutuhkan untuk mencegah tubuh kehilangan nutrisi yang penting karena anda harus menahan makan dan minum seharian. Mineral dan vitamin yang mengalami penurunan dalam tubuh selama puasa akan menganggu kesehatan tubuh anda.

Bersifat tambahan maka ada beberapa ketentuan apakah seseorang perlu mengonsumsi vitamin dan mineral tambahan saat menjalani puasa. Berikut pertimbangan apakah anda memerlukan tambahan mineral dan tambahan:

  • Pastikan tubuh anda memang membutuhkan mineral dan vitamin lebih
  • Pastikan vitamin dan mineral yang anda konsumsi baik dari makanan atau dalam bentuk suplemen adalah aman untuk tubuh anda
  • Pastikan juga apakah mineral dan vitamin yang anda konsumsi ada interaksi dengan makanan lain tidak.
  • Ketahui dengan baik kandungan dan manfaatnya
  • Takaran yang diperlukan tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Jika anda sudah yakin dengan pertimbangan di atas. Berikut ada beberapa vitamin dan mineral yang paling dibutuhkan tubuh selama berpuasa, baik didapatkan dari makanan atau suplemen:

  1. Vitamin A

Vitamin A penting dikonsumsi selama puasa karena memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga baik untuk kesehatan mata anda, untuk itu penting mengonsumsi vitamin A agar anda tidak jatuh sakit saat puasa. Makanan yang mudah didapatkan dan mengandung vitamin A yaitu hati sapi, ubi jalar, sayur bayam, telur, susu dan tentunya wortel.

  1. Vitamin C

Vitamin yang cukup terkenal dan juga penting bagi anda yang menjalankan puasa yaitu vitamin C. Vitamin C juga memiliki fungsi yang sama seperti vitamin A yaitu membantu menjaga daya tahan tubuh anda selama berpuasa dan juga baik untuk metabolisme protein pada tubuh.

  1. Vitamin D

Saat puasa anda juga memerlukan vitamin D yang dapat membantu mengaktifka sistem imun dan melepaskan hormon dan serotonin yang berpengaruh dalam perkembangan dan fungsi otak. Makanan yang dapat membantu anda memenuhi kebutuhan vitamin D selama puasa yaitu susu, makanan sereal, telur, hati ayam atau sapi dan juga daging.

  1. Yodium

Disamping tubuh membutuhkan vitamin selama puasa, tubuh juga membutuhkan asupan mineral. Asupan mineral yang banyak diketahui orang yaitu yodium. Sumber yodium yang paling populer adalah garam, namun perlu anda ketahui saat sahur atau berbuka anda bisa mengonsumsi ikan laut, telur sebagai makanan dengan kandungan yodium.

  1. Zinc

Tak hanya yodium, zinc juga mineral yang penting untuk kesehatan tubuh selama berpuasa. Sumber zinc bisa didapatkan dari daging merah, makanan laut, kacang-kacangan dan susu selama puasa. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here