Vitamin Untuk Perlambat Penuaan

SehatFresh.com – Pola makan bernutrisi dapat memperlambat proses penuaan. Asupan makanan bernutrisi yang terwujud dalam diet sehat dan seimbang dapat membuat kulit senantiasa cantik dan awet muda. Munculnya keriput dan garis-garis halus menandakan penuaan. Meskipun proses penuaan tidak bisa dihentikan, tetapi dapat dikendalikan dengan diet sehat dan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Nutrisi tertentu diperlukan tubuh untuk mencegah dan memperbaiki tanda-tanda penuaan. Mengonsumsi makanan kaya vitamin membuat kulit menjadi kenyal dan bercahaya. Vitamin dan antioksidan alami terutama dari buah dan sayur membantu melawan radikal bebas yang berkontribusi terhadap proses penuaan.

Ada sejumlah vitamin penting yang manfaatnya secara spesifik membantu dalam memperlambat proses penuaan kulit, yaitu :

  • Vitamin E

Vitamin E memang populer terkait manfaatnya untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan akibar sinar matahari berimbas pada rusaknya kolagen di kulit. Nah, vitamin E memiliki kemampuan untuk mencegah hal tersebut, sehingga membuat kulit terlihat muda dan bercahaya. Asupan vitamin E bisa diperoleh dari biji bunga matahari, kacang-kacangan, minyak zaitun, tomat dan brokoli.

  • Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak hanya mencerahkan warna kulit, vitamin C juga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Vitamin C mengatur produksi melanin dalam kulit sehingga membantu meningkatkan produksi kolagen dan perbaikan kulit. Makanan yang kaya vitamin C termasuk buah jeruk, kale, paprika dan brokoli.

  • Vitamin A

Vitamin A tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga membuat kulit tampak awet muda. Vitamin ini membantu meningkatkan pasokan oksigen ke jaringan wajah. Oksigen membantu dalam produksi kolagen dan memperbaiki jaringan wajah yang rusak. Wortel, bayam, tomat dan apel adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A.

  • Vitamin K

Vitamin K berperan dalam mempertahankan kekuatan jaringan wajah, dengan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh wajah. Vitamin ini mencegah munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan demikian, manfaat vitamin ini meningkatkan dan mempertahankan tekstur kulit. Kiwi, anggur, alpukat dan brokoli merupakan beberapa makanan alami yang mengandung vitamin K.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang juga baik untuk kesehatan kulit. Vitamin ini membuat kulit awet muda, terhidrasi dan berseri. Manfaat vitamin ini adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sehingga secara efektif mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin B12 kebanyakan terkandung dalam makanan hewani seperti daging dan ikan. Dari tumbuhan, vitamin B12 terkandung dalam makanan olahan kedelai seperti tempe, tahu atau miso.

Sumber gambar : www.enakbernafas.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY