Vulvodynia? Berbahayakah? Kenali Faktor Resikonya Disini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pernah mendengar tentang Vulvodynia? Jika belum anda wajib baca tentang ini. Volvodynia merupakan rasa nyeri atau terbakar karena iritas pada vulva yaitu daerah pembukaan pada vagina. Daerah ini juga biasa disebut dengan area genital eksternal.  Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saat anda duduk atau saat berhubungan seks karena penyakit ini dapat tinggal dalam vulva selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Penyebab pasti dari penyakit vulvodynia sampai sekarang belum diketahui, namun meski begitu ada kemungkinan bahwa penyakit ini disebabkan oleh beberapa sebab seperti berikut:

  1. Cedera Atau Iritasi Pada Saraf

Salah satu faktor resiko adalah cedera atau iritasi pada bagian vulva, hal ini disebabkan trauma atau infeksi yang dapat menyebabkan vulva merasa seperti ditusuk-tusuk. penyakit akan bertambah parah jika cederanya cukup serius, bahkan walaupun penyakit vulvodynia itu sendiri telah sembuh.

  1. Hubungan Seksual

Anda pernah mengalami hubungan seksual yang terlalu bersemangat? Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada vulva, biasanya hubungan seksual yang menyebabkan rasa sakit adalah hubungan sepihak atau tindak pemerkosaan. Hal ini tentu sangat berpengaruh juga kepada psikologis wanita.

  1. Infeksi & Trauma

Hal inilah yang menyebabkan rasa panas dan nyeri pada vagina. Infeksi dan trauma menyebabkan sel-sel vulva merespon secara tidak normal.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetic dapat menyebabkan sel pada vulva memberi respon yang buruk terhadap terjadinya peradangan kronis.

  1. Kejang Otot

Penyakit ini bisa disebabkan karena infeksi seperti selulitis, infeksi saluran kemih atau pms (penyakit menular seksual) atau dapat juga disebabkan akibat cedera selangkangan serta kehamilan. Hal ini dapat membuat vulva anda merasa sakit yang tajam.

  1. Perubahan Hormon

Salah satu penyebab perubahan hormon adalah akibat menopause yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan denyut jantung meningkat. Selain menopause perubahan hormon dapat juga disebabkan karena menstruasi.

  1. Adanya Pertumbuhan Penyakit

Adanya pertumbuhan penyakit didekat vagina anda. Seperti, kanker dan polip atau bisa disebut juga dengan kista.

  1. Infeksi Jamur

Adanya jamur pada daerah vulva dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman pada vagina. Infeksi jamur terkadang disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang tidak rutin.

  1. Labiectomy

Apakah benar labiectomy atau operasi kelamin dapat menyebabkan vulvodynia? Jawabannya, dalam beberapa kasus vulvodynia, labiectomy dapat mengakibatkan penyakit  ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY