Wajah Berminyak Bukan Masalah Lagi dengan Cara Ini

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Perubahan hormon yang mengiringi pertumbuhan remaja diantaranya mengakibatkan remaja rentan berjerawat dan kulit wajahnya lebih berminyak. Kelenjar sebaceous atau kelenjar produksi minyak menjadi lebih aktif. Ketika produksi sebum (minyak) meningkat, pori-pori menjadi rentan tersumbat oleh debu dan kotoran sehingga akhirnya memicu pertumbuhan jerawat. Pada dasarnya, sebum membuat kulit lebih lembut dan halus, selama tidak diproduksi secara berberlebihan. Karena penyebab wajah berminyak pada remaja disebabkan oleh perubahan hormon alami, wajah berminyak sulit dihindari tapi masih bisa dikendalikan. Begini caranya!

  1. Cuci muka secara teratur

Wajah yang berminyak cenderung lembab sehingga memudahkan debu dan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori. Oleh karenanya, agar tidak sampai menjadi sarang komedo dan jerawat, kulit wajah harus dibersihkan secara teratur. Cucilah muka dua kali sehari ketika bangun tidur dan sebelum tidur. Jika menggunakan sabun muka, pilih yang sesuai dengan jenis kulit dan sebaiknya hindari produk yang mengandung deterjen dan alkohol yang tinggi karena dapat mengikis lemak alami kulit secara berlebihan.

  1. Minum air putih yang cukup

Setiap harinya tubuh memerlukan asupan cairan yang mencukupi, delapan sampai 12 gelas per hari. Saat kekurangan cairan, efeknya juga berimbas pada kulit wajah. Menurut para dermatolog, nyatanya dehidrasi membuat kulit yang berminyak semakin berminyak. Mengapa? Kulit yang mengering saat kekurangan cairan sama saja dengan mengirim isyarat pada otak bahwa kulit butuh lebih banyak minyak sehingga kelenjar sebaceous pun akan meningkatkan produksi sebum.

  1. Pilih pelembab wajah yang tepat

Tak hanya kulit kering, kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembab. Namun, tentunya pelembab yang digunakan harus sesuai dengan jenis kulit. Baca kandungan bahan sebelum membeli. Untuk kulit berminyak, pilihlah pelembab berbahan dasar air. Jika kulit juga berjerawat, para remaja bisa menggunakan pelembab dengan kandungan bahan pereda radang, seperti salicylic acid, tea tree atau zinc alginate. Hindari produk pelembab yang mengandung shea butter dan petroleum jelly karena dapat memicu peningkatan produksi sebum.

  1. Memulai pola hidup sehat

Tak hanya dirawat dari luar, kulit juga membutuhkan nutrisi dari dalam. Bahkan, kondisi kulit dapat dikatakan sebagai cerminan kesehatan. Makan sembarangan dan jarang olahraga dapat merusak penampilan. Selain dapat memicu kegemukan, kulit juga cenderung berkomedo, berjerawat, dan semakin berminyak. Ini karena kadar hormon yang semakin tidak seimbang. Oleh karenanya, segera ubah kebiasaan makan dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran serta mulailah aktif bergerak setiap hari jangan hanya bermalas-malasan di depan TV atau main gadget.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY