Waktu Terbaik Untuk Olahraga

SehatFresh.com – Olahraga merupakan aktivitas fisik yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak hanya jenis olahraga yang dilakukan, waktu olahraga pun bisa memengaruhi hasil yang didapatkan. Meski pada dasarnya olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun ternyata ada aturan-aturan olahraga yang perlu diperhatikan agar tidak cedera. Menurut Jessica Matthews, seorang ahli fisiologi olahraga dari The American Council on Exercise, waktu terbaik untuk berolahraga adalah ketika dilakukan secara konsisten yang mana latihan sebaiknya dilakukan secara rutin dan di waktu yang tepat agar pembakaran kalori menjadi maksimal. Beliau juga menyebutkan setidaknya ada enam waktu terbaik yang dapat Anda manfaatkan untuk berolahraga, yaitu:

  • Pagi hari
    Berdasarkan studi dari Mollen Clinic, Amerika Serikat, di mana partisipannya melibatkan para pasien klinik, mengungkap bahwa orang yang menjalani rutinitas dipagi hari memiliki pembakaran kalori yang tinggi, dan mendapatkan energi yang maksimal dari metabolisme tubuh sehingga sangat baik dalam membantu meningkatkan energi guna menunjang aktifitas seharian.
  • Sore hari
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu waktu yang tepat untuk olahraga adalah ketika matahari akan terbenam atau di sore hari, yaitu sekitar pukul 4 hingga 5 sore. Di jam tersebut, suhu tubuh manusia diketahui sedang berada pada tingkat tertinggi. Ketika Anda melakukan olahraga pada waktu tersebut, maka otot Anda lebih fleksibel sehingga menghasilkan kekuatan pada tingkat tertinggi dan latihan akan terasa menjadi lebih mudah dan maksimal.
  • Ketika flu
    Ketika terserang flu, melakukan latihan ringan di rumah bisa membantu mengurangi gejala flu yang Anda alami. Sebuah penelitian menemukan bahwa bahan kimia alami dalam tubuh yang meningkatkan suasana hati (hormon endorphin) akan dilepaskan oleh tubuh selama berolahraga sehingga dapat membantu meringankan gejala flu dan mendorong pemulihan lebih cepat.
  • Ketika menstruasi
    Menurut para ahli, hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagian akan dilepaskan oleh tubuh selama olahraga. Hal ini dapat meningkatkan mood sehingga membantu menstabilkan emosi serta mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.
  • Olahraga di jam istirahat kantor
    Selain dapat menghilangkan stres dan meningkatkan mood, olahraga saat waktu istirahat kantor dapat memberi manfaat positif untuk kinerja seseorang seperti meningkatkan ketajaman mental, manajemen waktu dan produktifitas kerjanya. Menurut Jessica, jalan cepat selama 5 hingga 10 menit di sekitar area kantor bisa menjadi alternatif yang baik bila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke pusat kebugaran pada jam istirahat kantor.
  • Ketika lelah
    Melakukan olahraga ringan saat merasa lelah sehabis beraktifitas seharian ternyata dapat membantu membangkitkan energi yang lebih kuat daripada yang dihasilkan setelah tidur siang. Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan beberapa sesi olahraga selama 20 menit seperti berlari atau jalan kaki di sekitar rumah. Hal ini juga baik untuk memperbaiki jam biologis di malam hari sehingga kualitas tidur menjadi baik.

Sumber gambar : dunialari.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY