Waktu Terbaik Untuk Traveling saat Sedang Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan janin selama masa kehamilan merupakan hal yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh ibu hamil yang di dukung oleh keluarga. Akan tetapi bukan berati ibu hamil hanya berdiam diri dirumah dan tidak di anjurkan untuk melakukan traveling. Traveling selama masa kehamilan boleh saja dilakukan oleh ibu hamil karena berdiam diri dirumah tanpa memiliki kegiatan akan menimbulkan rasa jenuh dan bosen. Jikalau kondisi ibu sedang berada dalam tekanan atau banyaknya pikiran, mungkin saja traveling dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi kondisi tersebut. Tapi pertanyaannya kapan waktu terbaik untuk melakukan traveling saat masa kehamilan?

Waktu terbaik untuk melakukan traveling pada saat kehamilan yaitu di usia kandungan pada trimester dua yaitu sekitar minggu ke 14 sampai minggu ke 28 atau jika dibulankan sekitar usia kandungan 4 bulan sampai 6 bulan. Dan tidak dianjurkan pada awal kehamilan yaitu trimester pertama dan pada akhir kehamilan yaitu trimester tiga. Penjelasan tersebut didukung oleh pernyataan seorang dokter ahli kandungan yang bernama Dr Aron Schuftan dari California bahwa beliau merekomendasikan ibu hamil yang ingin melakukan traveling sebaiknya di usia kehamilan 20 sampai 30 minggu. Dan waktu yang dihindari yaitu pada trimester pertama dan trimester ketiga sebelum melahirkan.

Alasan tidak dianjurkannya ibu hamil melakukan traveling di awal kehamilan yaitu pada saat itu ibu sedang mengalami ketidaknyamanan trimester satu yaitu mual, kelelahan dan lain sebagainya. Selain itu di usia ini ibu hamil beresiko mengalami keguguran yang masih tinggi. Sedangkan alasan tidak dianjurkannya ibu hamil melakukan traveling di akhir kehamilan akan membuat ibu merasakan ketidaknyamanan saat perjalanan seperti kelelahan, sulit bergerak dan duduk karena kondisi perut yang semakin membesar.

Banyak ibu yang telah memilih untuk melakukan traveling pada usia kehamilan 4 sampai 6 bulan, karena itu waktu yang paling aman untuk melakukan traveling dan jarang menimbulkan ketidaknyamanan ataupun menimbulkan resiko. Semua ibu hamil yang dalam kondisi sehat dan tidak mengalami komplikasi boleh untuk melakukan traveling. Akan tetapi apabila ibu mengalami komplikasi saat kehamilnya sebaiknya rencana traveling untuk di tunda terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang membahayakan ataupun memperburuk keadaan ibu dan janin. Tentu saja jika anda mengalami komplikasi anda bisa melakukan traveling di lain waktu karena kesehatan dan keselamatan ibu dan janin lebih utama dan paling penting yang harus diperhatikan dan harus di jaga.

Komplikasi yang dimaksud diatas yaitu perdarahan, kehamilan kembar, hipertensi, diabetes, preeklamsia, riwayat keguguran, masalah plasenta, kehamilan ektopik dan lain sebagainya. Pada saat akan melakukan traveling anda harus mempersiapkan beberapa hal atau tips yang wajib anda laksanakan diantaranya yaitu :

  1. Lakukan pemeriksaan atau kunjungan dokter untuk mengetahui keadaan ibu dan janin.
  2. Pilihlah tempat yang dekat untuk traveling.
  3. Membawa cacatan kehamilan.
  4. Minum yang banyak serta membawa makanan kemana pun perjalanan anda.
  5. Lebih baik menggunakan mobil sebagai alat transportasi.
  6. Lakukan peregangan.
  7. Buat diri anda senyaman mungkin. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here