Waktu untuk Pemasangan Gigi Palsu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi tiruan atau gigi palsu merupakan salah satu alat pendukung yang berguna untuk mengembalikan fungsi gigi seperti semula. Gigi palsu digunakan oleh mereka yang kehilangan gigi aslinya baik secara keseluruhan ataupun sebagian, tanggalnya gigi bisa disebabkan secara alamiah atau karena pencabutan gigi.

Terjadinya  gangguan pada fungsi gigi dapat berakibat pada gangguan kesehatan seperti:

  1. Penurunan kualitas bicara
  2. Mempengaruhi proses pencernaan
  3. dan  yang lainnya

Ketika Anda memutuskan untuk memasang gigi palsu Anda harus memperhatikan waktu yang tepat dalam pemasangan agar mendapatkan hasil yang efektif dan efisien, selain itu pertimbangan waktu yang tepat juga harus melihat kondisi gangguan pada gigi agar tidak berkembang dan semakin parah. Berikut adalah waktu yang tepat jika Anda ingin memasang gigi palsu:

  • Radang. Gigi yang sudah mengalami tanggal atau copot, baik karena copot alami, pencabutan gigi, atau tanggal karena kecelakaan. Gigi yang tanggal dapat menyebabkan berubahnya susunan rongga gigi, berpengaruh pada penampilan, terutama pada estetika wajah, terjadi penurunan fungsi kunyah, yang akan mempengaruhi proses pencernaan, penurunan kualitas bicara, yang berpengaruh terhadap proses komunikasi verbal seseorang, terjadi kerusakan jaringan periodontal, mengalami kemiringan, atau bahkan terjadi penurunan pada gigi atas atau naiknya gigi bawah. Maka degan begitu keadaan tanggalnya gigi dapat menjadi waktu yang tepat untuk memasang gigi palsu.
  • Hancur. Gigi asli yang hancur bisa saja disebabkan terjadi karena pengeroposan. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung mineral kalsium, fosfor, magnesium, dan menumpukan plak yang terjadi pada sepanjang garis gusi kondisi ini pun memicu terjadinya penumpukan kuman dan bakteri.
  • Gigi yang goyang. Kondisi ini akan mengganggu fungsi mulut dalam pengunyahan. Keroposnya gigi, penurunan kekuatan akar gigi yang disebabkan oleh penurunan permukaan gusi adalah sebab dari gigi yang goyang.
  • Radang. Radang pada gusi yang disebabkan gingivitis ini adalah keadaan dimana terjadi suatu peradangan pada gusi dan berpotensi menyebabkan kerusakan struktur gigi secara keseluruhan. Apabila dibiarkan, jaringan tulang gigi akan mengalami pengeroposan dan penipisan sehingga menimbulkan kesulitan pemasangan gigi lekatan sistem tanam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY