Waktu yang Diperlukan untuk Membakar Kalori dari Junk Food

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Junk food memang menggoda hingga akhirnya badanpun melar tidak terasa akibat keseringan memakannya. Meskipun kesadaran gaya hidup sehat makin meningkat, nyatanya masih banyak pula yang meremehkan dampak asupan kalori berlebih dari junk food, mulai dari obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, hingga kanker. Agar kalori berlebih dari junk food dapat terbakar maksimal, Anda perlu berolahrga. Tapi, sudah tahukah Anda berapa waktu yang dibutuhkan untuk membakar kalori dari junk food?

Waktu olahraga yang diperlukan untuk membakar kalori dari junk food tergantung pada jenis junk food itu sendiri. Pasalnya, kandungan kalori dalam setiap junk food tak selalu sama. Semakin tinggi kandungan kalorinya, maka semakin lama pula waktu olahraga yang dibutuhkan untuk membakarnya.

Dilansir dari dailymail.co.uk, berikut adalah kandungan kalori dalam beberapa junk food yang sering kita konsumsi dan waktu yang diperlukan untuk membakarnya:

  • Fried chicken

Fried chicken merupakan salah satu junk food yang paling digemari masyarakat. Ya, makanan ini memang enak dan harganya juga relatif murah. Sayangnya, kandungan kalori dalam fried chicken itu cukup tinggi. 3 potong fried chicken menyumbang 726 kalori. Jumlah kalori tersebut sudah memenuhi sepertiga dari total kalori harian yang dibutuhkan tubuh. Untuk mengimbanginya, disarankan untuk melakukan olahraga kardio selama 63 menit untuk pria, dan 75 menit untuk wanita. Bisa juga dengan melakukan olahraga angkat beban selama 84 menit untuk pria, dan 101 menit untuk wanita.

  • Burger

Satu porsi burger besar memiliki kandungan 490 kalori. Melakukan olahraga kardio 51 menit untuk wanita dan 42 menit untuk pria dapat membantu mengimbangi asupan kalori tersebut. Alternatifnya, Anda bisa juga melakukan olahraga angkat beban selama 57 menit (pria) atau 68 menit (wanita).

  • Kentang goreng

Satu porsi kentang goreng ukuran besar menyumbang 460 kalori. Jika tidak ingin berat badan naik, 48 menit (wanita) atau 40 menit (pria) latihan kardio diperlukan untuk mengimbanginya. Ini sama dengan 64 menit (wanita) atau 53 menit (pria) angkat beban.

  • Pizza

Sepotong pizza juga tinggi kalori, yaitu 682 kalori. Untuk membakar kalori tersebut, disarankan untuk melakukan olahraga kardio selama 51 menit (pria) atau 71 menit (wanita). Jika Anda melakukan olahraga angkat beban, waktu yang diperlukan adalah 79 menit untuk pria dan 94 menit untuk wanita.

  • Cokelat

Cokelat, khususnya cokelat hitam, pada dasarnya baik untuk kesehatan. Tapi, konsumsi yang berlebihan juga tidak baik karena kandungan kalorinya cukup tinggi. Apalagi bila cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat dengan padatan kakao rendah. Satu batang cokelat susu (milk chocolate) seberat 45 gram menyumbang asupan kalori 237 gram. Ini berarti Anda perlu mengimbanginya dengan latihan kardio selama 25 menit untuk wanita dan 21 untuk pria. Jika Anda memilih olahraga angkat beban, waktu yang diperlukan adalah 33 menit untuk wanita, dan 28 menit untuk pria.

  • Soda

Satu kaleng minuman bersoda ukuran 330 ml menyumbang asupan 139 kalori. Untuk mengimbanginya, wanita disarankan untuk melakukan kardio selama 14 menit atau angkat beban 19 menit. Sedangkan pria disarankan untuk melakukan 12 menit kardio atau 16 menit angkat beban.

Sekarang, sudah terbayang berapa kalori yang masuk jika pola makan harian Anda didominasi junk food? (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here