Waktu yang Tepat untuk Sarapan Pagi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makan pagi, aktivitas yang juga disebut dengan sarapan ini baiknya dilakukan sekitae 30 menit usai bangun pagi. Jangka waktu tersebut bisa dibilang cukup ideal. Jika dilihat jangka waktu untuk sarapan, maka usahakan melakukannya antara pukul 7.00 – 10.00 pagi. Masukkan unsur makanan berprotein dalam menu Anda. Sarapan dapat membantu memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas hingga siang hari. Pikiran pun lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Bagi kaum wanita yang sedang menjalani diet sering kali beranggapan jika tidak sarapan, bisa bikin kurus. Itu salah kaprah, tidak bisa dipungkiri, sarapan semakin tidak populer di kalangan wanita. Hal ini dilakukan dengan asumsi lebih baik langsung makan siang dari pada harus menambah lemak pada tubuh di pagi hari.

Sebenarnya, pemahaman ini berlawanan dengan fakta. Menurut Shereen Jegtvig, ahli gizi yang menulis “Superfood for Dummies’, menghindari sarapan untuk mengurangi berat badan adalah salah.

“Naik-turunnya berat badan diperhitungkan dari asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Meskipun tidak sarapan, tetapi bila dalam sehari kalori yang masuk melebihi kebutuhan, maka kalori yang tidak digunakan akan disimpan dalam tubuh,” kata Jegtvig.

Bisa jadi, bukannya menjadi langsing, bobot tubuh malah makin membengkak. Hal ini dikarenakan perut kosong di pagi hari bisa menyebabkan makan berlebihan pada siang hari, karena rasa lapar yang ditahan-tahan. Belum lagi, bermacam-macam cemilan yang dimakan sebagai pengganjal perut tanpa mengenal waktu.

Jadi, sarapan itu sama pentingnya dengan makan siang. Hanya saja porsi atau kebutuhan makan pagi tidak sebanyak makan siang. Secara persentase, jumlah santapan pagi sekitar seperempat makanan dari yang seharusnya dikonsumsi sehari, yaitu setidaknya 300-400 kalori dari 1500-1700 kalori yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

Lantas, kapan sebaiknya sarapan? Waktu terbaik untuk sarapan adalah sebelum memulai aktivitas, yaitu sebelum berangkat kerja atau sebelum memulai kegiatan rutin. Idealnya, 20 – 40 menit setelah Anda bangun pagi dan tidak lebih dari pukul 08.00 pagi. Dengan kebiasaan ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama, dan pas untuk mengonsumsi buah atau camilan sehat lainnya pada pukul 10.00 pagi atau sebelum makan siang.

Apa yang dimakan? Mungkin sebagian besar dari Anda percaya bahwa minum teh di pagi hari sudah cukup untuk mengawali aktivitas. Tapi, sebenarnya sarapan yang tepat itu bukan sembarang sarapan. Komposisinya mesti mencakup semua nutrisi dari karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayuran.

Jika memang hobi minum teh di pagi hari, ada baiknya Anda juga mengonsumsi makanan karbohidrat seperti buah pisang sebagai padanannya. Maksudnya agar semua nutrisi bisa tercukupi. Jadi, jika sarapan hanya mengandung satu nutrisi, Anda bisa menambahnya dari makanan yang mengandung nutrisi lainnya. (AGT)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here