Wanita Kurus Lebih Rentan Osteoporosis

SehatFresh.com – Osteoporosis adalah gangguan progresif yang didefinisikan dengan hilangnya kepadatan dan massa tulang, yang mengarah ke peningkatan risiko patah tulang. Osteoporosis sering berkembang tanpa gejala atau sakit pada awalnya, dan tanda pertama mungkin tampak karena telah terjadi tulang retak. Wanita empat kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkannya. Dan wanita dengan berat badan rendah di bawah ideal berada pada risiko yang lebih besar.

Orang kurus cenderung memiliki tulang kurang padat daripada orang yang lebih berat. Hal ini dikarenakan berat badan menempatkan tekanan pada tulang, merangsang untuk membentuk tulang yang lebih. Pada wanita, hal ini dikaitkan dengan perbedaan tingkat produksi hormon estrogen, di mana hormon ini berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang wanita.

Mereka yang menderita gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia juga lebih mungkin untuk mengembangkan osteoporosis dan mengalami patah tulang. Ini jelas berkaitan dengan kurangnya asupan nutrisi yang memadai, penurunan berat badan yang ekstrim dan kesalahan dalam produksi hormon (estrogen).

Memiliki berat badan di bawah indeks massa tubuh ideal membuat wanita menjadi lebih rentan terhadap osteoporosis. Para dokter menganggap indeks massa tubuh 20 sampai 25 sebagai ideal. Di atas ini dianggap kelebihan berat badan dan lebih dari 30 adalah obesitas. BMI di bawah 19 dianggap kurus. Meskipun wanita gemuk memiliki lebih banyak estrogen, yang melindungi tulang, keuntungan dari hal ini dianggap minim.

Pada wanita kurus, perubahan risiko terkait dengan perubahan 1 unit di BMI (sekitar 5-8 pon atau 2,2-hingga 3,6 kg) memberi keuntungan yang lebih besar dibandingan kebanyakan faktor risiko yang dapat dimodifikasi lainnya. Oleh karenanya, untuk membantu mengurangi risiko osteoporosis, wanita dengan berat badan di bawah ideal harus disarankan untuk mencapai dan mempertahankan berat badan normal.

Terkait hal ini, pengetahuan tentang osteoporosis merupakan hal penting bagi semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki risiko lebih tinggi. Semakin banyak Anda tahu mengenai dampak dan pencegahannya, semakin besar kesempatan Anda untuk tetap hidup aktif. Kunci pencegahan osteoporosis adalah mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang memadai, olahraga secara teratur dan menjauhi kebiasaan yang merusak kesehatan. Bila Anda termasuk dalam kategori orang bersiko tinggi terkena osteoporosis, maka tunggu apalagi, saatnya kita menaruh perhatian lebih untuk hal ini demi kesehatan kita di masa depan.

Sumber gambar : mencegahpenyakit.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY