Wanita Rentan Terkena Gangguan Sulit Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sulit tidur merupakan gangguan yang dapat menghampiri siapapun, tentunya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Faktor- faktor ini dapat di timbulkan dari ekstern maupun intern seseorang. Jika dinyatakan bahwa wanita lebih sering terkena gangguan sulit tidur apakah benar?

Gangguan sulit tidur terkadang tidak dirasakan sebagai gangguan terlebih ketika hal tersebut terjadi secara berlarut-larut. Pada dasarnya seseorang memiliki pola hidup dan keteraturan untuk dapat menjaga keseimbangan hidupnya, mulai dari pola makan, aktivitas dan juga pola tidur. Tidur memang menjadi kebutuhan pokok seseorang, karena perannya yang sangat besar dalam menjaga stabilitas tubuh, pada saat tidur terdapat aktivitas internal tubuh yang berjalan. Selain itu yang lebih krusial adalah tidur yang baik dan sehat dapat mengistirahatkan sel saraf untuk kemudian bekerja lebih maksimal.

Tidur sebagai kebutuhan tubuh seseorang setidaknya secara normal adalah 8 jam. Pada kenyataannya pada sebagian orang yang mengalami gangguan sulit tidur hal ini terganggu atau tidak dapat tidur sesuai kebutuhan, inilah yang menjadi permasalahan. Tubuh yang semula membutuhkan 8 jam dan tidak mendapatkan sesuai maka jelas akan bermasalah. Gangguan sulit tidur lebih banyak menjangkit para wanita dengan alasan tingkat resiko tinggi terhadap stress. Bukan hanya itu saja berikut ini adalah beberapa penyebab gangguan sulit tidur lebih rentan menyerang kaum wanita:

  • Kecemasan

Faktor ini sangat berpengaruh dalam membentuk pola tidur, dalam bentuk apapun kecemasan yang dimiliki seorang wanita akan cenderung memikirkannya sepanjang waktu bahkan sampai dengan menyita waktu tidur. Kecemasan ini dapat berasal dari dirinya sendiri maupun lingkungannya

  • Kondisi tubuh

Hal ini berkaitan dengan vitalitas tubuh, berada dalam keadaan sehat atau tidaknya. Kebanyakan wanita akan merubah pola tidurnya  akibat kondisi tubuhnya. Hal semacam ini biasnya terjadi secara mendadak dan drastis.

  • Kehamilan

Kondisi dengan berbagai perubahan ini dapat menjadi faktor gangguan sulit tidur bagi seoarng wanita.biasanya hal ini akan terjadi pada trimester akhir dimana rasa cemas meninggkat .

  • Hormonal

Gangguan sulit tidur juga dapat dipengaruhi oleh adanya faktor dalam seperti hormon ketidak seimbangan hormon pada wanita menjadi pemicu utama resiko sulit tidur

Kondisi psikis wanita memang begitu mudah terpengaruh oleh keadaan disekitarnya, sehingga berbanding lurus dengan tingkat stress. Semakin tinggi tingkat stress maka semakin besar kemungkinan sulit tidur. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk atasi gangguan sulit tidur yang menyerang sewaktu-waktu:

  • Jaga pola hidup yang lain seperti pola makan dan pola aktivitas
  • Tentukan jam tidur normal sesuai dengan aktivitas
  • Pastikan kenyamanan tempat untuk tidur dan sekitarnya
  • Matikan alat elektronik di sekitar area tidur
  • Jika terjadi kesulitan untuk mulai tidur sebaiknya lakukan aktivitas yang melelahkan sebelumnya
  • Bacalah buku untuk membuat mata lelah sehingga dapat tertidur
  • Berusahalah serelaks mungkin sebelum tidur

Jika tips diatas sudah di coba untuk menekan gangguan sulit tidur tetapi tidak berhasil, maka yang paling tepat adalah pergilah konsultasi ke dokter, hindari penggunaan obat-obatan pembantu untuk tidur tanpa rekomendasi atau resep. Selamat mencoba! (WDA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here