Warna Tinja yang Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com РMakanan dan minuman yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada sistem pencernaan Anda. Pencernaan merupakan sistem yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Jika sistem pencernaan Anda baik dapat dipastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan baik atau sehat. Selain sistem pencernaan ternyata kita dapat melihat kondisi kesehatan kita dari hasil sitem pencernaan kita salah satunya melalui tinja atau feses. Tinja atau feses merupakan hasil dari sistem pencernaan tubuh kita. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai warna tinja yang sehat.

Tinja atau fases atau dalam bahasa kasarnya disebut tahi adalah produk buangan saluran pencernaan hewan yang dikeluarkan melalui anus atau kloaka, pada manusia, proses pembuangan kotoran dapat terjadi (bergantung pada individu dan kondisi) antara sekali setiap satu atau dua hari hingga beberapa kali dalam sehari. Pengerasan tinja atau feses dapat menyebabkan meningkatnya waktu dan menurunnya frekuensi buang air besar antara pengeluarannya atau pembuangannya disebut dengan konstipasi atau sembelit, dan sebaliknya, bila pengerasan tinja atau feses terganggu, menyebabkan menurunnya waktu dan meningkatnya frekwensi buang air besar disebut dengan diare atau mencret.

Bau khas dari tinja atau feses disebabkan oleh aktivitas bakteri, Bakteri menghasilkan senyawa seperti indole, skatole, dan thiol (senyawa yang mengandung belerang), dan juga gas hidrogen sulfida.

Warna tinja yang dihasilkan saat proses pencernaan juga dapat Anda gunakan sebagai patokan kondisi tubuh Anda, warna tinja yang sehat biasanya adalah warna tinja cokelat karena umumnya warna tinja cokelat karena empedu yang dihasilkan oelh hati. Selain warna coklat tinja juga bisa berwarna lain tergantung kondisi yang Anda alami, berikut adalah warna-warna lain dari tinja yang biasanya terjadi:

  • Warna tinja hijau

Kotoran berwarna hijau biasanya disebabkan oleh waktu transit kotoran yang sangat singkat di usus, hal ini menyebabkan proses pewarnaan kotoran menjadi sangat singkat dan menghasilkan kotoran dengan warna kehijauan. Dalam kondisi ini, Anda bisa mengalami diare bila kondisi terus menerus dibiarkan. Selain itu, kotoran berwarna hijau juga bisa jadi merupakan indikator dari beberapa jenis infeksi bakteri, karena peradangan pada usus juga menyebabkan waktu transit kotoran menjadi singkat. Kotoran berwarna hijau ini juga bisa jadi diakibatkan karena gaya hidup anda yang memang seorang vegetarian, karena zat klorofil yang terkandung dalam daun tidak dapat tercerna dan akan ikut terbawa bersama kotoran.

  • Kuning

Jika tinja Anda berwarna kuning berarti terdapat banyak kandungan lemak dalam tinja anda, kondisi ini bukanlah hal yang baik bagi tibuh Anda. Disarankan bagi Anda untuk untuk mengubah pola makan tinggi lemak anda secara perlahan. Selain itu, kotoran warna kuning juga akan memiliki aroma dan bau yang sangat kuat.

  • Merah

Jika anda melihat kotoran anda berwarna merah, ini bisa menjadi pertanda adanya perdarahan internal pada usus atau daerah sekitar rektum atau anus anda. Namun Anda tidak perlu langsung khawatir dan panik, karena bisa saja Anda baru saja mengkonsumsi makanan atau minuman berwarna. Walaupun sangat jarang terjadi, hal ini bisa juga diakibatkan karena kelebihan produksi cairan empedu sehingga menyebabkan diare yang sangat hebat dan menyebabkan saluran pencernaan anda mengalami pendarahan.

  • Hitam

Jika warna tinja Anda kehitaman, hal ini bisa jadi diakibatkan karena pendarahan yang terjadi pada lambung atau tenggorokan, walaupun pendarahan biasanya menyebabkan warna kotoran menjadi merah, namun pendarahan pada organ lambung atau tenggorokan akan menghasilkan warna kotoran yang hitam. Hal ini karena darah akan mengalami proses oksidasi ketika melewati cairan asam lambung dan menghasilkan warna kehitaman.

  • Putih atau Berwarna Cerah

Jika warna tinja yang muncul adalah putih keabuabuan hal ini biasanya disebabkan karena adanya penyumbatan saluran empedu. Selain itu beberapa obat-obatan juga bisa menyebabkan hal ini.

Bagi Anda yang mengalami masalah pada pencernaan Anda dan warna tinja yang dihasilkan mengindikasikan gangguan pada tubuh Anda, ada baiknya jika Anda segera menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi dan penanganan agar tidak terjadi hal yang semakin buruk.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY