Waspada Asupan Gula saat Lebaran

SehatFresh.com – Sebenarnya sakit setelah merayakan lebaran bukan hanya terjadi di Indonesia. Lepas kontrol saat berhari raya membuat rumah sakit dipenuhi pasien. Agar tak dilarikan ke rumah sakit seusai lebaran, lebih baik berjaga-jaga. Antara lain dengan check up kesehatan.

Sebenarnya masa puasa adalah masa pengontrolan yang baik untuk sebagian besar penderita diabetes maupun tekanan darah tinggi. “Namun ketika lebaran tiba tubuh dikagetkan dengan banyaknya asupan gula, kolesterol dan garam. Inilah yang akan memicu kambuhnya penyakit-penyakit lama,” ujar Dr. Diah Noviyanti dari laboratorium klinik Pathlab Sunter Jakarta.

Gula memang dibutuhkan untuk tubuh. Tapi jika konsumsinya berlebihan, dampaknya bisa negatif dan sangat berbahaya. Tubuh yang kelebihan gula rentan terkena berbagai penyakit, seperti diabetes.

Hanya saja kadang kita tak menyadari bahwa pada saat tertentu tubuh kita sebenarnya sudah kelebihan gula. Dilansir dari rd.com,ada enam gejala yang muncul apabila Anda sudah kebanyakan konsumsi gula. Jadi, jika Anda merasakan gejala-gejala ini, segera batasi konsumsi gula atau makanan dan minuman yang manis-manis.

  1. Gampang jerawatan. Terlalu banyak konsumsi gula bisa mengganggu kesehatan kulit. Anda jadi gamang jerawatan. Bahkan jerawat yang muncul lebih parah dari biasanya.
  2. Gampang lelah. Kalau di siang hari Anda merasa begitu lelah dan letih, coba ingat lagi sarapan yang Anda konsumsi pagi tadi. Bisa jadi makanan yang Anda konsumsi mengandung terlalu banyak gula sehingga membuatmu gampang letih di siang hari.
  3. Gigi berlubang. Gigi berlubang tak hanya disebabkan oleh permen saja. Bahkan makanan berkabohidrat pun bisa jadi penyebab gigi berlubang. Karena saat kita mengonsumsi karbohidrat, sejenis asam akan terbentuk yang bercampur dengan air liur yang menyebabkan plak. Kalau plak ini tak segera disikat atau dibersihkan bisa menyebabkan gigi berlubang.
  4. Tekanan darah meningkat. Tekanan darah yang dianggap normal adalah 120/80 atau sedikit lebih di bawah dari itu. Tapi kalau kemudian Anda mendapati tekanan darah meningkat, bisa jadi karena Anda kebanyakan konsumsi gula.
  5. Kolesterol naik. Salah satu tanda tubuh kita kebanyakan gula adalah adanya peningkatan kadar berbagai jenis lemak yang mengalir di darah. Terlalu banyak gula bisa menurunkan kolesterol baik tubuh dan meningkatkan kolesterol jahat, menurut penelitian di Journal of the American Medical Association.
  6. Merasakan lelah luar biasa saat baru olahraga sebentar. Kalau olahraga terasa sangat berat dan bikin tubuh gampang capek, bisa jadi karena Anda terlalu banyak kebanyakan konsumsi gula. “Kalau Anda meningkatkan gula darah dengan mengonsumsi yang manis-manis sesaat sebelum olahraga intens, Anda bisa merasakan kelelahan yang luar biasa dan capek setelahnya,” kata Sara Folta, PhD, asisten profesor diTufts Friedman School of Nutrition Science and Policy.

Jadi, kalau Anda merasakan gejala-gejala tersebut, coba cek kemungkinan Anda terlalu banyak mengonsumsi gula atau makanan yang manis-manis. Kemudian, perbaiki lagi pola makanmu. Pilih makanan dengan kandungan gizi, serat, vitamin, dan mineral yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiranmu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY