Waspada Bakteri E.Coli pada Kolam Renang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat liburan akhir pekan tiba, hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah berlibur bersama keluarga. Salah satu plihan berlibur bersama keluarga saat akhir pekan adalah pergi berenang di kolam renang umum bersama-sama. Sehingga tidak heran lagi wisata kolam renang selalu ramai saat akhir pekan karena menjadi tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan.

Memang menyenangkan berenang bersama-sama di kolam, namun anda juga perlu berhati-hati saat berenang di kolam. Ada beberapa bahaya yang dapat mengancam anda jika ternyata kolam renang yang anda gunakan tidak bersih dan bahkan mengandung bakteri berbahaya khususnya bakteri E.Coli.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) pada tahun 2012 menyatakan bahwa terdapat materi genetik dari bakteri E.Coli di kolam renang umum. Hasil pemeriksaan dari penelitian tersebut menunjukkan 121.000 kolam di 13 negara bagian Amerika Serikat terungkap bahwa 58 persen kolam renang tidak memenuhi standar kesehatan.

Coli yang terdapat pada kolam renang umum dapat menyebabkan penyakit seperti diare dan giardia. Giardia adalah infeksi yang terjadi pada usus halus. E. Coli lebih umum menyeran ibu hamil dan anak-anak. Selain diare dan giardia, air yang tercemar bakteri juga dapat menyebabkan luka, serta infeksi kulit, telinga dan juga mata.

Tapi bukankah setiap kolam renang selalu dibersihkan jadi E.Coli juga akan hilang?. Memang benar kolam renang umum selalu dibersihkan dan selalu tampak jernih saat kita datang ke tempat tersebut. Namun ada hal lain yang berkontribusi menyebabkan adanya bakteri E. Coli pada kolam renang umum.

Adanya E.Coli pada kolam renang umum dapat muncul jika orang yang hendak berenang tidak mandi terlebih dahulu sebelum berenang. Meski tak biasa, hal itulah yang seharusnya dilakukan. Sebab, jika anda tak mandi terlebih dahulu maka setiap orang yang berenang tanpa mandi terlebih dahulu rata-rata akan menyumbangkan 0.14 gram feses saat berenang. Hal itu dibuktikan oleh para peneliti dengan melakukan filter air kolam renang dan menemukan bakteri genetk tertentu.

Jika anda ingin aman bersama keluarga, maka sebaiknya mandi dulu sebelum anda berenang di kolam renang. Hal ini akan membuat anda lebih kecil untuk berisiko terkena infeksi dari bakteri E.Coli sehingga liburanpun menyenangkan tanpa was was akan terkena penyakit setelah bersenang-senang bersama keluarga. Selain itu, memilih wisata kolam renang yang bersih dan standar kesehatan yang baik juga diperlukan agar terhindar dari infeksi bakteri E.Coli. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here