Waspadai Bahaya Riasan Mata

0
133

SehatFresh.com – Riasan mata sekarang ini menjadi hal yang sangat penting terutama bagi wanita yang suka bersolek. Namun, penggunaan riasan mata seperti eyeshadow, eye liner dan mascara tidak boleh digunakan sembarangan, karena dapat menimbulkan risiko alergi dan infeksi. Sebetulnya, riasan mata tidak berbahaya selama digunakan secara tepat serta tidak terkontaminasi dan kadaluarsa. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengganti kosmetik mata Anda setidaknya 6 bulan sekali untuk menghindari risiko bahaya.

Salah satu ciri make-up yang sudah kadaluarsa adalah bau dan warnanya sudah mulai berubah. Menggunakan make-up kadaluarsa juga dapat membahayakan kesehatan mata dan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit.

Semua produk make-up termasuk produk riasan mata memiliki tanggal kadaluarsa di kemasan. Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa tanggal kadaluarsa. Kosmetik yang kadaluarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi  toksin atau racun. Kosmetik lama harus dibuang dan diganti sesuai kebutuhan. Alat make-up yang digunakan di mata seperti maskara, eye liner atau eye shadow yang sudah terlalu lama bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri yang dapat menyebabkan sakit mata yang ditandai gejala kemerahan, gatal dan bengkak. Biasanya setelah dibuka, mascara memiliki umur kadaluarsa 3 bulan, eye liner hingga 2 tahun, eye liner cair hingga 6 bulan dan eye shadow hingga 1 tahun.

Tidak hanya batas waktu kadaluarsa make-up, menggunakan alat makeup yang kotor untuk mengaplikasikan berbagai produk make-up juga dapat memicu perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan iritasi dan infeksi mata.

Berbagi kosmetik juga tidak baik karena setiap orang memiliki bakteri dan kuman yang berbeda. Mascara dan eye shadow mudah terkontaminasi bakteri yang bisa membuat mata erinfeksi bakteri atau jamur. Maskara lebih rentan terhadap kontaminasi. Mascara umumnya berbahan dasar air dan stick pemulasnya terkena mata dan masuk ke wadah berkali-kali. Hal ini menyebabkan bakteri menjadi lebih mudah tumbuh. Pori-pori minyak pada garis mata berfungsi untuk memproduksi air mata. Jika daerah sekitar garis mata tertutupi oleh eye liner, maka bisa dipastikan hal tersebut dapat menyumbat pori-pori minyak yang ada di sekitar garis mata, yang dapat mengarah ke sindrom mata kering dan berakibat radang. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa mengakibatkan kebutaan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY