Waspadai Bercak Putih pada Lidah Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebersihan mulut bayi tidak boleh disepelekan. Jika lalai terhadap kebersihan mulut bayi, maka ancaman kesehatan telah mengintai. Jangan kaget bila nanti Anda menemukan bercak putih pada mulut dan lidah bayi.

Salah satu penyebab terjadinya bercak putih yaitu infeksi yang ditimbulkan oleh jamur Candida Albicans. Kondisi ini kerap disebut juga sebagai oral trush. Jamur Candida Albicans adalah jamur normal yang berada pada mulut, usus, dan genital. Biasanya, jamur akan tumbuh pada daerah yang hangat dan lembab. Jika jamur Candida ini tumbuh dalam jumlah yang banyak pada bayi, maka dapat mengganggu kesehatannya. Terkadang, jamur ini tumbuh secara berlebihan sehingga dapat dilihat berupa bercak-bercak keputihan.

Pada dasarnya, infeksi pada lidah bayi ini dapat terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, penyebabnya dapat pula terjadi karena timbulnya peradangan pada bagian payudara ibu yang sedang menyusui.

Bila ibu yang sedang menyusui juga mengonsumsi antibiotik ketika selesai melahirkan, maka peluang terjadinya lidah putih pada bayi semakin besar. Terakhir, penyebab lidah putih pada bayi adalah kurangnya menjaga kebersihan, baik ibu ataupun peralatan bayi, misalnya dalam menyediakan botol susu yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan tangan pada ibu yang sedang menyusui.

Bayi yang terserang jamur Candida di mulutnya, yakni pipi dan bibir bagian dalam, gusi, dan lidah akan terlihat adanya bercak berwarna putih. Bercak tersebut tidak segera menghilang, bahkan berminggu-minggu.

Pada beberapa kasus, infeksi jamur dapat sembuh dengan sendirinya, meskipun harus menunggu dalam waktu yang lebih lama. Sejumlah penanganan sederhana bisa Anda lakukan bila menemui bayi Anda memiliki bercak putih seperti berikut ini:

  • Membersihkan puting susu sebelum menyusui bayi. Cara yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan handuk hangat yang diusapkan ke daerah puting sampai bersih.
  • Sehabis selesai disusui dengan ASI, Anda dapat membersihkan mulut bayi dengan menggunakan air hangat. Pastikan suhunya tidak terlalu panas dan melukai kulit bayi yang masih sensitif. Anda dapat menggunakan kasa steril yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian, bersihkan pada bagian mulut bayi dengan cara mengusapnya secara halus dan perlahan.
  • Pastikan tangan Anda bersih saat memegang bayi. Cuci tangan Anda sampai bersih menggunakan sabun setelah buang air kecil maupun buang air besar.
  • Sterilkan dot bayi sebelum dan sesudah digunakan. Jangan lupa tutup rapat bagian dotnya dengan penutup botol susu, lalu simpan di tempat yang bersih sebelum digunakan.
  • Pastikan perlengkapan bayi lainnya yang berhubungan dengan mulutnya selalu dalam keadaan bersih, seperti empeng, sendok bayi, tempat makan bayi, mainan yang digigit dan lain-lain.
  • Bagi Anda yang kesulitan untuk menghilangkan bercak keputihan pada lidah bayi, maka bawalah bayi Anda ke dokter sehingga diberikan obat antijamur untuk bagian mulut bayi yang terinfeksi. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here