Waspadai Cedera Kepala pada Anak dan Kapan Harus Konsultasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat menyenangkan dan biasanya anak anak selalu bergerak dengan aktif. Terkadang karena gerakan aktifnya, anak-anak mengalami jatuh. Selain anak-anak, bayi juga rentan mengalami jatuh apalagi yang sedang belajar merangkak dan berjalan. Hal itu seringkali menyebabkan benturan pada tubuh dan mungkin di kepala.

Terjadinya benturan di kepala mungkin saja menimbulkan luka di kulit kepala penyebab pendarahan. Hal itu karena banyaknya jumlah pembuluh darah yang terdapat di kulit kepala. Jika terjadi pendarahan seperti yang telah disebutkan di atas, maka tentu saja Anda harus segera mengonsultasikannya kepada dokter. Mungkin saja ada cedera yang serius yang memerlukan luka harus dijahit.

Jika terjadi pendarahan memang sudah pasti anak harus dibawa ke dokter, namun ada beberapa keadaan lain yang walaupun tidak terjadi pendarahan, Anda tetap harus mengonsultasikannya pada dokter. Di bawah ini adalah beberapa kondisi di mana Anda harus segera membawa Anak ke dokter:

  • Ketika anak mengalami mual dan muntah

Gejala mual dan muntah pada anak bisa menjadi satu indikasi cedera sedang akibat terjatuh dan mengalami benturan. Apabila anak mengalami muntah sebanyak 3 hingga 4 kali maka segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut

  • Gangguan kesadaran

Jika setelah anak jatuh dan mengalami gangguan kesadaran dalam waktu kurang dari satu menit, segeralah konsultasikan pada dokter karena gejala ini merupakan satu indikasi cedera sedang.

  • Anak rewel dan lemas

Saat anak menjadi rewel dan lemas atau tidak bertenaga apalagi ditambah dengan adanya benjolan besar di kepala, maka itu berarti Anda harus segera mengonsultasikan hal tersebut pada dokter.

  • Kejang

Kejang pada anak setelah mengalami jatuh dan benturan maka mungkin saja anak mengalami cedera dengan risiko tinggi. Dalam keadaan ini Anda harus segera membawa anak ke dokter.

  • Hilang kesadaran lebih dari satu menit

Kondisi lain yang menjadi indikasi cedera tinggi adalah hilangnya kesadaran pada anak selama lebih dari satu menit. Segeralah konsultasi ke dokter.

  • Muntah lebih dari 5 kali

Ketika anak sudah mengalami muntah lebih dari 5 kali, mungkin adalah suatu indikasi cedera tinggi yang mengharuskan anak segera dibawa ke dokter.

Jika terjadi gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas berarti Anda harus segera mengonsultasikannya ke dokter. Ketika anak mengalami cedera sedang atau tinggi maka harus disarankan untuk dilakukan pemeriksaan dengan CT scan, atau menurut petunjuk dokter.

Demikian tadi di atas adalah pemahaman tentang cedera pada kepala anak karena jatuh dan kapan Anda harus membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat untuk Anda.(AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here