Waspadai Dampak Bullying dalam Jangka Panjang

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat setia, pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai dampak bullying bagi anak-anak dalam jangka panjang ketika dewasa nanti? Artikel berikut ini sangatlah bermanfaat untuk membuka pikiran kita semua.

Bagaimana Dampak Bullying dalam Jangka Panjang?

Perilaku bullying ialah perilaku menghina, meremehkan atau mencaci maki seseorang atau teman di sekolah yang memiliki keterbatasan. Pelaku bullying biasanya banyak orang sehingga benar-benar membuat anak-anak banyak yang menjadi korban merasa terpuruk dan trauma. Lebih tepatnya ada beberapa dampak jangka panjang yang akan timbul dari korban bullying ialah sebagai berikut:

  • Merusak Kepercayaan Diri Pada Anak

Seorang anak yang menjadi korban bully, rasa percaya dirinya hilang. Banyak anak yang menjadi pemalu, tidak suka bersosialisasi, suka menyendiri, dan merasa kurang berharga. Rasa tidak percaya diri menjadi salah satu pemicu berkurangnya prestasi, hancurnya relasi, terasingnya dari berbagai macam kegiatan yang seharusnya dapat mengembangkan potensi para remaja.

  • Menimbulkan Sisi Trauma dan Frustasi

Remaja yang menjadi korban bully ternyata memiliki sisi trauma yang sangat berkepanjangan. Perasaan dan jiwa remaja yang menjadi korban bully akan sangat rapuh dan mudah mengalami stress atau frustasi. Rasa stress banyak menimbulkan perkara besar seperti masuk ke pergaulan bebasm hobi miras, merokok, dan lain sebagainya.

  • Menjadi Sosok yang Canggung dalam Sosial

Menjadi sosok yang canggung dalam hal sosial merupakan salah satu yang selalu ditemukan pada anak yang menjadi korban bully. Sosok yang dingin ini akan sangat buruk ketika sudah tumbuh dewasa, memiliki pasangan, dan mempunyai anak. Sehingga banyak hal yang seharusnya diperbaiki agar hilang dari rasa sakit hati.

  • Menjadi Pribadi yang Mendendam

Banyak remaja yang menjadi pribadi mendendam hingga tua karena sewaktu kecil banyak mendapatkan hinaan, remehan, dan bullying. Ketika sudah dewasa si remaja ini akan cenderung ingin membalas kepada pelakunya. Pelaku mungkin sudah melupakan semua kalimat yang dilontarkan kepada korban. Tapi korban selalu mengingatnya dan akan cenderung menjatuhkan atau membalas perlakukan pelakunya.

  • Mengalami Gizi Buruk

Seseorang yang menjad korban bullying sangat terpukul sehingga kondisi psikologisnya banyak menjadikannya terganggu dalam hal fisiknya juga. Kalau sudah terganggu fisiknya maka biasanya korban akan sulit makan akibatnya mengalami gizi buruk dan penyakit pencernaan yang lainnya.

  • Sulit Menemukan Talenta

Talenta dan kreativitas remaja malah terpendam hingga dewasa sehingga banyak potensi yang timbul akibat diri merasa kurang berharga oleh adanya siksaan bullying ketika masa sekolah.

Demikian informasi mengenai dampak bullying dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat bagi para remaja sehingga dapat menghindari brbagai kebiasaan bullying. Segera laporkan guru jika ada pelakunya di sekolah-sekolah. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY