Waspadai Dampak Kecanduan Minuman Keras bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kecanduan minuman beralkohol atau minuman keras adalah kondisi ketika seseorang tidak bisa lepas dari penggunaan zat tersebut dengan tidak mengenal situasi dan kondisi. Kenikmatannya yang banyak menimbulkan kesenangan semu, minuman ini berhasil menjadi gaya hidup remaja di dunia termasuk Indonesia. Pecandu minuman keras akan menghabiskan banyak waktunya dengan minum alkohol dan secara otomatis kebiasaan ini menjadikan kadar alkohol yang dikonsumsi menjadi tidak terkontrol, shingga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Selain berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan diri (misalnya apabila mengemudi dalam keadaan pengaruh minuman beralkohol), kecanduan alkohol juga bisa merusak kehidupan pecandunya.

Pada umumnya remaja yang telah kencanduan dengan alkohol dapat terlihat pada kualitas dirinya dalam melakukan rutinitas menjadi berantakan atau prestasi pendidikan yang menurun drastis.

Remaja yang telah kecanduan minuman keras atau bisa terancam masalah kesehatan yang serius apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan minuman keras bisa sangat mematikan, adapun dampak atau masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh pecandu minuman keras antara lain:

  1. Membengkaknya lever. Penelitian menunjukkan bahwa 10% hingga 20% penyebab penyakit lever dikarenakan karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau minuman keras. Sebab, alkohol yang terkandung dalam minuman keras bisa memicu lever untuk bekerja lebih ekstra untuk menyaring cairan tersebut. Sehingga, lever mengalami pembengkakan karena terlalu banyak mengandung air.
  1. Menyebabkan kerusakan Otak. Kecanduan minuman keras dapat menurunkan fungsi otak hingga resiko depresi dan frustrasi kian meningkat. Apabila hal ini terjadi, kesehatan mental remaja bisa terganggu hingga menyebabkan perubahan pola tingkah laku.
  1. Menyebabkan Penurunan Fungsi Indra. Meminum minuman keras juga dapat menimbulkan fungsi indra menjadi menurun. Salah satunya adalah kerusakan mata yang bisa saja terjadi. Akibatnya mata bisa mengalami kebutaan secara permanen.
  1. Terkena Kanker Hati. Remaja yang telah kecanduan minuman keras juga dapat berisiko mengalami penyakit kanker hati. Hal ini bisa terjadi akibat penurunan fungsi hati yang ditimbulkan oleh kebiasaan minuman keras.
  1. Kerusakan Sistem Pencernaan. Dalam jangka panjang seorang remaja yang kecanduan minuman keras akan sangat beresiko terkena peradangan kronis terhadap saluran pencernaannya. Lambung bisa mengalami kelainan, termasuk usus dan sel-selnya bisa berubah menjadi sel-sel ganas.
  1. Berefek Negatif Terhadap Hormon. Untuk remaja, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat mereka kekurangan testosteron. Pdahal, testosteron sangat diperlukan untuk kelangsungan kinerja osteoblas.

Selain masalah kesehatan diatas, remaja yang memiliki kebiasaan minum minuman keras juga bisa mengakibatkan hal-hal negatif lainnya. Adapun hal negatif lain yang bisa diakibatkan oleh minuman keras antara lain:

  • Over Dosis

Apabila minuman keras diminum bersamaan dengan obat-obatan yang berbahaya, maka efek yang terjadi bisa berkali-kali lipat. Bahkan, dapat mengakibatkan over dosis dengan tingkat yang parah.

  • Kematian

Remaja pecandu minuman keras dapat mengalami kematian saat mabuk mendadak karena serangan jantung dan komplikasi. Kematian tidak langsung pun bisa terjadi seperti kecelakaan saat berkendara dan tekanan darah tinggi. Selain itu juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung yang berdampak pada kematian.

  • Melakukan Hal-Hal Berbahaya

Tanpa sadar, remaja yang kecanduan minuman keras bisa saja melukai seseorang yang berada di sekitarnya. Hal ini terjadi akibat kehilangan akal sehat setelah minum minuman keras. Tidak hanya mencelakai orang lain, dirinya pun bisa celaka atas perbuatannya sendiri.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan akibat kecanduan minuman keras, maka perlu penanganan awal agar kebiasaan meminum minuman keras dapat dicegah. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan kepada remaja tentang bahanya minuman keras terhadap kesehatan. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here