Waspadai dan Tangani Gejala Utama Asam Urat (Gout Arthritis)

0
1
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah Anda mendengar tentang apa itu Gout Arthritis? Apakah orang-orang di sekitar Anda ada yang mengalaminya? Atau bahkan Anda? Penting bagi Anda untuk mengetahui, jenis penyakit tersebut, supaya dapat mencegah atau mengobatinya.

Apa Itu Gout Arthritis?

Gout Arthritis atau lebih dikenal dengan asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang nyeri hebat di bagian persendian. Gout Arthritis memang menyerang seluruh bagian sendi, tapi paling sering ialah di bagian sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Seringkali gout menyerang para pria di atas 30-40 tahun. Penyakit ini juga bisa menyerang wanita, biasanya bagi yang sudah memasuki masa menopause. Gout Arthritis ini merupakan terjadinya peradangan sendi yang gejalanya hampir sama dengan reumatik.

Apa Penyebabnya?

Asam urat ini disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu seperti minuman keras atau apa pun yang mengandung alkohol. Selanjutnya terjadinya dehidrasi atau kurang minum. Saat dehidrasi kemampuan ginjal untuk membuang asam urat menjadi tubuh. Makanan yang mengandung purin. Purin terkandung dalam makanan yang berprotein tinggi seperti daging merah, daging sapi, daging kambing, hati sapi, sajian boga bahari/sarden, kerang teri, dan sayur bayam.

Gejala-gejala Utama Gout Arthritis

Beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa Anda memiliki penyakit Gout Arthritis seperti berikut ini:

  1. Serangan akut pada salah satu sendi, muncul pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas, dan gerak sendi terganggu. Sendi yang dituju biasanya pada sendi perifer atau pangkal ibu jari.
  2. Serangan tiba-tiba tanpa diketahui sebelumnya pada siang hari atau malam hari menjelang tidur. Bahkan ketika terjadi nyeri ini sendi terasa sakit bila disentuh, sehingga mengganggu proses tidur penderitanya.

Jika sudah parah atau akut maka Gout Arthritis akan mengalami beberapa fase. Fase pertama yaitu arthritis gout akan mengalami serangan khas dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa adanya suatu pengobatan. Penderita bahkan merasa bahwa mereka sedang terkilir atau sejenisnya. Selanjutnya akan penderita akan mengalami gout interkritikal pada interval waktu berbeda-beda. Ada yang 1-2 tahun bahkan 10 tahun. Bahkan serangan gout terkadang dilupakan oleh penderitanmya karena tidak terasa.

Fase kedua yaitu arthritis gout intermiten. Pada fase ini penderita gout akan sering mengalami serangan. Bahkan akan merambat ke sendi-sendi lain, bukan hanya sendi ibu jari saja. Fase kedua yaitu arthritis gout kronik yang mana penderitanya sudah mengalami penyakit ini dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun. Pada fase ini penderita akan mulai mengalamoi benjolan di sekitar sendi yang meradang dan biasanya disebut tofus. Tofus ini mengakibatkan kerusakan sendi dan tulang.

Bagaimana Menanganinya?

Menangani gout ialah mengurangi makan makanan yang mengandung purin, minum air putih yang cukup. Selain itu ada baiknya Anda mengurangi berat badan, karena berlebihan berat badan sangat rentan dengan asam urat. Berobat segera ke dokter, dan mengkonsumsi jenis obat seperti allopurinol yang berfungsi mengubah purin menjadi asam urat dan probenecid yaitu obat yang berfungsi menurunkan kadar asam. Banyaklah mengkonsumsi vitamin C karena meningkatkan kinerja ginjal untuk membuang asam urat.

Bagiamana para Pembaca? Sudahkah mengerti lebih dalam mengenai penyakit gout arthristis? Jika ya, mulai sekarang cegah lah sedini mungkin, kenali secepat mungkin, dan obati sesegera mungkin (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY