Waspadai Empat Faktor Penyebab Hernia pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit Hernia sering disebut dengan turun bero adalah penyakit disposisi sistem syaraf otot perut bagian bawah atau menurunnya usus ke bawah selaput perut hingga ke kantung buah zakar. Biasanya Penyakit ini terjadi ketika ada sebagian organ dalam perut yang menekan dan menembus melalui jaringan otot atau jaringan di sekitarnya yang melemah.

Masyarakat yang hidup di perkotaan relatif rentan terhadap penyakit hernia. Hal ini disebabkan karena mayoritas masyarakat yang hidup di kota memiliki aktivitas dan kesibukan yang padat. Dengan rutinitas yang padat tentu harus memiliki stamina tinggi. Bila stamina menurun dan hal itu terjadi secara terus menerus, maka yang bersangkutan akan rentan terhadap penyakit hernia. Lantas apa saja penyebab penyakit hernia pada pria? Berikut ini adalah empat faktor penyebab penyakit hernia pada pria.

  • Sering mengangkat benda atau barang berat

Aktivitas atau kegiatan mengangkat Beban yang berat sebisa mungkin harus di hindarkan untuk anda. Karena hal ini bisa mengakibatkan masalah pada tubuh, terutama pada jaringan otot perut yang melemah. Ketika otot yang melemah terkena tekanan dari organ tubuh yang lain sehingga mengakibatkan penonjolan atau keluarnya otot atau jaringan dari posisinya. Jika hal ini terjadi pada anda, disarankan untuk periksa ke dokter agar segera mendapat penanganan yang benar, sehingga penyakit hernia dapat di hindarkan.

  • Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok pada pria juga bisa menjadi penyebab penyakit hernia. Di dalam rokok mengandung nikotin yang sebagian zatnya akan tertinggal dalam tubuh termasuk paru-paru. Bahaya merokok juga bisa menyebabkan dorongan penyebab batuk yang lebih kuat, sehingga bisa merusak otot dan jaringan lunak yang sehat menjadi lemah. Hal ini juga bisa menyebabkan sakit batuk kronis yang akan meningkatkan tekanan pada bagian perut dan merusak jaringan dalam perut. Tanpa disadari rokok akan menyebabkan penyakit hernia secara tidak langsung.

  • Obesitas atau Kegemukan

Bagi pria yang memiliki penyakit obesitas atau memiliki berat badan berlebih biasanya memiliki ukuran perut yang lebih besar. Pria obesitas biasanya memiliki ukuran perut yang lebih besar, hal ini akan memberikan tekanan dan dorongan yang sangat besar pada bagian dinding perut. Tekanan yang terus terjadi secara berkelanjutan akan menyebabkan dorongan pada jaringan lemak dan organ yang kemudian akan menyebabkan penyakit hernia.

  • Konstipasi (susah buang air besar)

Kurang mengkonsumsi makanan yang kaya serat sering kali menyebabkan sembelit pada saat buang air besar. Ketika anda mengalami sembelit kronis tentu akan berusaha mengejan dengan keras. Jangan anggap remeh kebiasaan ini, karena dengan mengejan terlalu keras saat buang air besar dapat memicu tekanan dalam otot perut, sehingga menyebabkan hernia atau turunnya otot di dalam perut. Jika hal ini sudah terjadi maka harus segera dilakukan operasi hernia.

Itulah empat faktor penyebab penyakit hernia pada pria. Lakukan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, Ketika bekerja untuk mengangkat beban berat, gunakan penahan atau korset perut, mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik agar terhindar dari penyakit hernia. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here