Waspadai Gejala dan Ciri Kanker Testis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker bisa menyerang ke berbagai organ tubuh manusia. Bagi pria, salah satu organ tubuh yang bisa terserang kanker adalah testis. Kanker testis bisa menyebar ke bagian-agian tubuh lainnya, seperti kelenjar getah bening, perut, paru-paru, hati, tulang, dan otak. Oleh sebab itu, mengenali gejala dan ciri kanker testis adalah langkah bijak.

Testis adalah organ seks pria yang berbentuk oval. Lokasinya berada di dalam skrotum atau kantong kemaluan. Testis adalah bagian penting dalam sistem reproduksi pria karena organ inilah yang menghasilkan hormon testosteron dan sperma.

Pria tentu membutuhkan organ testis ini untuk bekerja dengan baik demi kelancaran sistem reproduksi. Tak salah lagi bahwa fungsi seksual seorang pria ditentukan oleh sperma dan hormon testosteron tersebut sehingga testis memainkan peran yang begitu penting.

Sementara itu, kanker testis adalah kanker yang terjadi ketika sel-sel mulai tumbuh secara abnormal pada bagian testis. Kanker testis adalah jenis kanker yang cukup langka. Meski begitu, kondisi ini paling sering menjangkiti pria pada usia 15–49 tahun.

Belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya kanker testis. Normalnya, sel-sel sehat dalam testis tumbuh dan membelah secara teratur untuk menjaga fungsi tubuh. Namun, terkadang beberapa sel mengalami kelainan sehingga menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkontrol dan tertimbun di dalam testis.

Meski belum diketahui pasti penyebabnya, gejala dan ciri kanker testis bisa dikenali sejak dini. Berikut ini adalah gejala dan ciri terkait dengan kanker testis:

  • Mirip dengan kondisi kanker lainnya, seperti kanker payudara, ada timbul benjolan pada bagian tertentu tubuh yang menandakan adanya tumor yang tumbuh. Benjolan ini biasanya bakal muncul di salah satu testis sehingga memang dibutuhkan kejelian ketika merasakan perbedaan pada anggota tubuh. Gejala awal ini memang umum dan biasanya timbul karena sudah muncul jaringan sel abnormal.
  • Pembesaran atau pembengkakan yang terjadi pada salah satu testis termasuk di dalam gejala awal kanker testis. Pembengkakan ini bisa dengan atau tanpa disertai nyeri. Benjolan pada testis pada sebagian besar kasus diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah atau varicocele. Tapi, jika benjolan atau pembengkakan disebabkan oleh kanker, penanganan sejak dini bisa meningkatkan kemungkinan kesembuhannya.
  • Rasa sakit atau pegal pada bagian testis dan skrotum. Rasa ini bisa datang dan pergi. Terkadang, penderita mengabaikannya karena rasa pegal tersebut tak bertahan lama sehingga tak menimbulkan kecurigaan.
  • Tubuh yang terasa lemah dan cepat lelah tidaklah selalu merujuk pada kondisi kanker karena cepat lelah juga dapat menunjukkan bahwa tubuh sedang tidak fit. Daya tahan tubuh yang rendah dapat menjadi penyebabnya. Tapi, ketika tubuh merasa lelah tanpa ada alasan yang jelas, Anda patut curiga. Kelelahan yang disertai dengan berbagai gejala yang sudah disebutkan sebelumnya dapat mengartikan adanya kanker pada testis Anda.
  • Gejala awal lainnya yang perlu Anda waspadai adalah lebih beratnya skrotum. Bila rasanya lebih berat dari normalnya dan hal ini tak kunjung kembali wajar, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here