Waspadai Gejala Pembesaran Payudara pada Pria dan Cara Mendiagnosisnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda mendengar bagaimana gejala ginekomastia? Jika tidak bertambah parah bagaimana cara mendiagnosis penyakit ginekomastia ini?

Bagaimana Gejala Ginekomastia?

Ginekomastia merupakan pembesaran payudara pria karena ketidakseimbangan hormon. Pembesaran payudara bisa menyerang satu maupun kedua payudara sekaligus. Ginekomastia dapat menyerang semua pria, baik bayi, remaja, hingga dewasa. Ada beberapa gejala yang dialami oleh pria yang mengidap penyakit ini ialah sebagai berikut:

  • Gejala Ginekomastia Pada Pria Bayi
  1. Terjadi pembesaran pada payudara.
  2. Kulit payudara berubah menjadi sedikit kekasaran;
  3. Terjadi molozivopodobnye pilihan.
  • Gejala Ginekomastia Pada Pria Dewasa
  1. Terjadi pembesaran payudara hingga 15 sentimeter;
  2. Muncul perasaan yang tidak nyaman saat memakai pakaian.
  3. Terasa nyeri saat ada tekanan di daerah payudara khususnya di bagian putting.
  4. Putting mengalami hipersensitivitas jika terkena sentuhan.

Bagaimana Mendiagnosis Ginekomastia?

  • Terjadi ginekomastia bilateral pada pria apabila mulai muncul gejala yang sudah dijelaskan sebelumnya. Segera lakukan konsultasi ke dokter spesialis endokrinologi. Diagnosis awal dilakukan dengan melihat sejarah atau riwayat hidup pasien, apakah ada kecenderungan ketergantungan terhadap alkohol dan narkoba.
  • Dokter akan melakukan uji laboratorium dan analisis instrumental sehingga didapatkan diagnosis yang akurat. Tes yang dilakukan di laboratorium ialah sebagai berikut:
  1. Tes darah
  2. Cek hormon
  3. Menghitung darah secara lengkap.
  4. Tes urinalisis.
  • Alat yang digunakan untuk melakukan analisis ialah sebagai berikut:
  1. Cek dada dengan X-ray
  2. Alat CT otak
  3. Alat adrenal CT;
  4. Alat USG payudara.
  • Dokter akan melakukan cek biopsi prostat untuk mengetahui sifat ginekomastia.
  • Dokter melakukan cek pembentukan patologi untuk mendiagnosis secara akurat sehingga melakukan pengobatan yang tepat.

Pengobatan yang diambil untuk penyakit ginekomastia ialah dengan cara herbal jika belum parah dengan cara mengkonsumsi makan makanan yang dapat meningkatkan hormon testosteron karena jika mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon testosteron penyakit ini akan hilang dengan sendirinya.

Bisa juga dilakukan tindakan medis untuk mengatasi penyakit ini yaitu dengan melakukan operasi. Operasi untuk penyakit ginekomastia ada dua cara yang bisa ditempuh yaitu dengan masektomi dan sedot lemak. Masektomi dilakukan dengan cara melakukan operasi pengangkatan jaringan kelenjar payudara dengan metode endoskopi. Operasi ini akan minim infasif dan bisa mengurangi nyeri setelah dilakukannya operasi. Kemudian yang kedua ialah tindakan sedot lemak dengan cara mengangkat jaringan lemak pada kelenjar payudara sehingga tidak dapat bertumbuh lagi.

Demikian informasi mengenai gejala dan diagnosis penyakit ginekomastia, semoga bermanfaat bagi Pembaca agar segera melakukan konsultasi dokter apabila merasakan gejala yang sudah disebutkan sebelumnya. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY