Waspadai Jantung Koroner pada Usia Remaja

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung secara global penyakit tidak menular yang merupakan penyebab kematian nomor satu setiap tahunnya. Penyakit jantung adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah, seperti: Hipertensi, Stroke, penyakit gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

Menurut WHO ( World Health Organization), ada banyak macam penyakit jantung, tetapi yang paling umum adalah stroke dan penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh arteri oleh plak yang menghambat suplai oksigen dan nutrisi ke jantung. Gejala umum yang muncul pada seseorang dengan penyakit jantung koroner yaitu akan merasakan gejala sesak dan nyeri pada dada, mual setelah makan, pusing, berkeringat, mudah lelah, nafsu makan menurun, dan sering merasakan sakit kepala.

Penyakit jantung koroner pada beberapa tahun yang lalu memang didominasi oleh orang dengan usia di atas 45 tahun. Namun dengan perkembangan zaman dan perubahan gaya hidup yang cenderung kurang baik, sehingga penyakit mematikan ini juga menyerang usia remaja. Selain gaya hidup, faktor genetik juga salah satu yang memicu usia remaja dapat terkena penyakit jantung koroner.

Penyebab lain dari penyakit jantung koroner, yaitu adanya pola makan remaja saat ini yang cenderung tidak sehat. Mereka lebih suka mengonsumsi makanan yang instan dan mudah di dapatkan. Seperti junk food dengan kadar kalori yang tinggi ( burger, pizza, kentang goreng dan minuman bersoa), makanan kaleng, makanan berkolesterol tinggi,dan makanan dengan kadar glukosa tinggi. Dengan konsumsi makanan yaang kurang sehat dan tidak diimbangi dengan olahraga atau kurang aktivitas akan meningkatkan risiko tinggi penyakit jantung koroner pada remaja. Ketika anda mengonsumsi makanan tinggi kolesterol sebaiknya diimbangi dengan makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan sehingga akan menurunkan resiko kegemukan yang mana juga salah satu faktor dari penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu, sebaiknya sejak usia remaja anda harus waspada dan melakukan pencegahan dini terhadap penyakit jantung koroner mulai dari memperbaiki atau menjaga pola hidup yang baik. Agar anda dapat melakukan pencegahan dini ataupun lebih waspada, berikut beberapa hal yang dapat anda ketahui siapa saja orang yang berisiko terkena penyakit jantung :

  1. Jika mengidap kolesterol tinggi dalam waktu yang lama
  2. Jika rasio kolesterol total dengan HDL lebih dari 4,5
  3. Sudah lama mengidap penyakit kencing manis yang tidak terkontrol
  4. Merokok
  5. Meminum Alkohol
  6. Menderita darah tinggi dan tidak dilakukan pengobatan
  7. Obesitas
  8. Kurang aktivitas
  9. Stress (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY