Waspadai Penyakit Penyebab Disfungsi Ereksi

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Disfungsi ereksi adalah salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pria. Sayangnya, disfungsi ereksi dialami oleh beberapa pria. Kondisi ini berujung pada kegagalan orgasme atau kenikmatan bercinta penderita dan juga pasangannya.

Disfungsi ereksi, atau yang lebih dikenal impotensi, adalah ketidakmampuan penis dalam mencapai kepuasan orgasme yang dilakukan dalam berhubungan seks. Pria yang disfungsi ereksi sudah sudah pasti tidak bisa mencapai orgasme. Namun, pria yang tidak bisa orgasme belum tentu mengalami disfungsi ereksi.

Penyebab disfungsi ereksi bisa bersumber dari berbagai hal, yakni

  • Kelainan pembuluh darah
  • Kelainan persyarafan
  • Obat-obatan
  • Kelainan pada penis
  • Masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.

Penyebab yang bersifat fisik lebih banyak ditemukan pada pria lanjut usia, sedangkan masalah psikis lebih sering terjadi pada pria yang lebih muda. Semakin bertambah umur seorang pria, maka impotensi semakin sering terjadi. Meskipun bukan bagian dari proses penuaan, tetapi impotensi merupakan akibat dari penyakit yang sering ditemukan pada usia lanjut.

Nah, jadi selain berbagai penyebab di atas, sejumlah penyakit juga bisa menjadi faktor pendorong terjadinya disfungsi ereksi. Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

  • Jantung

Pada penis terdapat banyak pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat, misalnya karena kolesterol tinggi, dapat menghambat aliran darah. Hal ini berakibat aliran darah tidak mampu mencapai area penis secara maksimal dan menjadi penyebab disfungsi ereksi.

  • Kanker

Umumnya, obat-obatan penyembuhan kanker mengandung zat antiandrogen. Obat yang mengandung antiandrogen biasanya digunakan pada obat penyakit penyembuhan saluran kencing dan pembesaran prostat. Obat ini memang bisa menyembuhkan kanker. Namun, cara kerjanya berlawanan dengan sistem produksi hormon pria sehingga bisa mendorong disfungsi ereksi.

  • Diabetes

Salah satu ciri penderita diabetes adalah mudah lelah. Penyebabnya adalah glukosa berlebih yang terdapat pada penderita diabetes tidak dapat mengubah menjadi energi karena kadar hormon insulin dalam tubuh penderita diabetes sangat rendah. Oleh sebab itu, kadar gula yang tinggi  dalam penderita diabetes bisa menghambat kinerja saraf pria. Hal ini juga berhubungan dengan aktivitas kepuasan seksual.

  • Stroke

Stroke bisa menyerang orang yang lanjut usia atau berusia muda. Pada penyakit stroke, aliran darah yang mengarah ke otak juga akan mempengaruhi jaringan darah pada jaringan erektil sehingga penis tidak dapat ereksi secara maksimal.

  • Peyronie

Ini adalah suatu jaringan plak atau benjolan yang mengeras pada bagian kepala penis, batang penis, atau pada testis. Kondisi ini menyebabkan penis bengkok saat ereksi jika plak pada penis semakin menebal. Rangsangan penis mengakibatkan terbentuknya jaringan parut sebagai pelengkungan penis tersebut. Akibat kondisi ini ialah menghalangi penetrasi selama seks. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY