Waspadai Penyebab Kanker Getah Bening pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jangan anggap remeh benjolan-benjolan kecil berupa cairan yang kental di bagian belakang daun telinga buah hati Anda. Kondisi ini bisa berarti adanya pembesaran kelenjar getah bening pada anak. Bila dibiarkan tanpa adanya pengobatan, maka akan bisa makin membesar serta mengganggu kesehatan tubuh si ekcil. Bahkan, dalam jangka yang relatif panjang bisa menyebabkan kanker getah being.

Selain menyerang orang dewasa, kanker kelenjar getah bening pada anak pun sering terjadi dengan kasus rata-rata usia anak yang diserang berkisar dari lima tahun ke atas.

Kelenjar getah bening adalah salah satu kelenjar pada tubuh manusia yang terletak di leher, ketiak, dada, dan pangkal paha. Fungsi kelenjar getah bening ini sangat vital bagi manusia karena digunakan sebagai tempat berkumpulnya sel-sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh serta sebagai imunitas tubuh melawan berbagai penyakit ganas.

Kanker getah bening pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti berikut ini:

  • Genetik. Orangtua dengan riwayat kanker getah bening kemungkinan besar akan mewariskan penyakit yang sama pada anaknya.
  • Radikal bebas. Anak-anak yang hidup di kota besar dan sering menghabiskan waktunya di luar ruangan sangat rentan terpapar radikal bebas akibat polusi asap kendaraan dan pabrik industri.
  • Peradangan. Peradangan, khususnya pada tenggorokan, juga menjadi pemicu terjadinya kanker getah bening. Radang tenggorokan kerap timbul pada anak-anak yang gemar mengonsumsi makanan sembarangan yang tidak dijaga kebersihannya.
  • Penurunan kekebalan tubuh. Anak yang aktif memang baik karena itu berarti dia sehat. Namun, bila anak sudah tampak kelelahan, minta dia untuk berhenti dan beristirahat. Tubuh yang lelah, namun terus dipaksa bergerak dapat mengganggu kerja kelenjar getah bening yang menyebabkan turunnya sistem imunitas
  • Infeksi virus HIV. Infeksi virus HIV dapat menyebabkan anak terkena kanker getah bening.
  • Penyakit campak. Penyakit campak kerap dialami seseorang di usia balita atau anak-anak. Penyakit campak ditandai dengan demam tinggi dan munculnya bercak-bercak merah di sekujur kulit tubuh. Demam tinggi itulah yang berisiko dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  • Sakit gigi. Saluran akar gigi yang terinfeksi dapat membuat kelenjar getah bening membengkak yang menyebabkan kanker.
  • Infeksi telinga. Infeksi telinga dapat memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening yang berada di leher.
  • Perokok pasif. Anak-anak yang memiliki orangtua perokok dan sering berada di dekat orang tuanya saat merokok, memiliki faktor risiko terpapar kanker getah bening lebih besar daripada anak-anak dengan orangtua yang tidak merokok.
  • Konsumsi pengawet makanan. Bahan pengawet yang ada di dalam makanan dapat bermutasi dan menginfeksi sel-sel tubuh, termasuk kelenjar getah bening dan menyebabkan kanker. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here